97 Fakta Unik Anak Farmasi

97FaktaUnikFarmasi

Sesudah pencapaian pageview yang mengharukan pada posting 77 Fakta Unik Mahasiswa Sanata Dharma, maka baiklah saya kembali dengan request dari beberapa pemirsa untuk membuat rekap fakta unik khusus anak farmasi. Yuk!

1. Pada saat SMA, anak farmasi adalah anak IPA *ya iyalah!*

2. 99,9% anak farmasi non SMF stres pada saat praktikum farmasetika

3. 99,9% anak farmasi non SMF mejanya berantakan pada praktikum farmasetika perdana

4. Anak farmasi mendadak jago gambar daun-daunan pada saat praktikum Botani

5. Atau mendadak jago gambar mikroba pas praktikum Mikrobiologi

6. Atau mendadak jago baca sandi rumput pas elusidasi struktur hasil spektrofotometri

7. Anak farmasi pernah membaca buku ‘Ilmu Meracik Obat’

8. Anak farmasi selalu berlindung di balik kata-kata ‘lege artis’ untuk setiap penyimpangan prosedur

9. Anak farmasi lebih tahu buku ‘Formularium Medicamentorium Nederlandicum’ daripada kitab Mpu Gandring

10. Pakaian kebesaran anak farmasi adalah jas lab

JasLab

11. Anak farmasi pernah lari-lari pakai jas lab

12. Anak farmasi yang gaul pernah naik motor pakai jas lab yang berkibar-kibar

13. Anak farmasi rajin bawa kain lap

14. Anak farmasi tampak study oriented karena mukanya sekucel lap

15. Anak farmasi pernah menyampirkan lap di bahu

16. Sebagian kecil anak farmasi pernah dimarahi dosen karena menyampirkan lap di bahu

17. Katanya, “kamu mau jadi pembantu atau mau praktikum?”

18. Oh, itu tadi pengalaman yang punya blog, sih

19. Jas lab anak farmasi pasti penuh noda, kalau nggak bernoda pasti nggak pernah praktikum

20. Anak farmasi pernah bikin laporan praktikum di depan lab

21. Atau di dalam lab


BACA JUGA:
Cerita Farmasi: Jenis Bolos Anak Farmasi
Cerita Farmasi: Ketika Saya Didadar
Cerita Farmasi: Balada Mengerjakan Tugas


22. Anak farmasi mayoritas cewek, dengan keberadaan cowok antara 1:3 hingga 1:20

23. Makanya, anak farmasi cewek doyan jajan di kantin dekat Teknik, dengan tujuan penyegaran mata

24. Anak farmasi nggak pernah merokok di lemari asam

25. Anak farmasi pernah menggendong buku farmakope biar tampak kece

26. Atau kamus Dorland

27. Anak farmasi rajin begadang

28. Anak farmasi tahan bau mencit, berikut kotorannya

29. Anak farmasi tetap bisa makan dengan lahap meski ada bau kotoran mencit

30. Atau bau amoniak

31. Anak farmasi pernah bolos kuliah (2-3 SKS) untuk mengerjakan laporan praktikum (1 SKS). Aneh ya?

32. Sebagian anak farmasi takut pegang kuvet

33. Atau piknometer

34. Atau polarimeter

35. Soalnya mahal!

36. Asisten praktikum sering bilang “ini mahal” supaya praktikan hati-hati

Labu

37. Anak farmasi yang kece pernah bikin granul dengan remasan tangan

38. Anak farmasi meyakini bahwa memberi makan balita lebih mudah daripada mencit, dengan injeksi per oral

39. Anak farmasi pernah menimbang eeknya mencit

40. Anak farmasi ogah pakai sarung tangan kalau pegang mencit

41. Anak farmasi ogah pegang tikus kalau nggak pakai sarung tangan

42. Membunuh mencit adalah perbuatan yang terpaksa dilakukan anak farmasi demi kepentingan ilmu pengetahuan

43. Sebagian besar anak farmasi pernah membunuh mencit secara tidak sengaja

Mencit

44. Anak farmasi senang praktikum, tapi ogah bikin laporan

45. Anak farmasi nggak suka pre-test

46. Juga post-test

47. Demikian pula UTS dan UAS

48. Anak farmasi cowok adalah probandus utama untuk sampel darah dan sampel urine

49. Anak farmasi tetap mengeluh ketika disuruh bawa sampel urine, padahal kalau anak KU malah disuruh bawa feces dan sperma

50. Sebagian besar anak farmasi cowok tahu soal kurva baku karena diajarin teman yang cewek, bukan dari dosen

51. Probabilitas cinta lokasi sesama anak farmasi terbilang tinggi

52. Anak farmasi gemar menggunakan waktu tunggu ekstraksi untuk ngerumpi bin curcol

53. Atau waktu tunggu evaporasi

54. Atau waktu tunggu sintesis senyawa

55. Anak farmasi kalau cuci piring pasti bersih karena biasa cuci-cuci alat-alat gelas

56. Anak farmasi pernah ditanya “obat merk X ini gunanya buat apa?” sama keluarga atau tetangga atau mertua

57. Padahal di Indonesia saja ada ribuan merk obat, makanya anak farmasi sering merasa sebagai MIMS berjalan

58. Anak farmasi cewek biasanya rajin mencatat

59. Anak farmasi cowok jarang mencatat

60. Ada anak farmasi cewek yang nggak pernah berani pegang mencit, tapi nilai praktikum farmakologinya A

61. Ada anak farmasi cowok yang doyan pegang mencit tapi nilai praktikum farmakologinya C

62. Anak farmasi nggak berani nyuntik orang

63. Soalnya diajarinnya nyuntik mencit

Mencit2

64. Atau kelinci

65. Atau nyuntik sampel HPLC

66. Anak farmasi kayaknya kebal dibius kloroform, saking terbiasanya di lab Farmakognosi dengan segala solvent aneh-anehnya

67. Selalu ada anak farmasi IP Cum Laude yang pura-pura nggak bisa ngerjain ujian

68. Atau pura-pura memuji si bodoh yang masih saja belajar 5 menit sebelum ujian dimulai, “Ih, kamu rajin ya!”

69. Selalu ada anak farmasi yang kinerjanya mengecewakan dalam bikin tugas kelompok

70. Karena kepepet waktu, terkadang anak farmasi melakukan replikasi data secara fiktif

71. Atau menghitung ukuran partikel dalam praktikum mikromeritik sesuai wangsit yang diterima

72. Anak farmasi kagum pada hasil sediaan obat pertama yang dibuatnya, seburuk apapun bentuknya

73. Kekurangan cowok menyebabkan anak farmasi cewek dapat melakukan kegiatan berat seperti membuat kandang kelinci

74. Atau angkut jerigen aquades

75. Atau mencukur bulu kelinci

76. Anak farmasi yang cowok, sudah terbiasa dengan gerombolan rumpi anak farmasi cewek dengan modus ‘pembahasan hasil praktikum’

77. Anak farmasi yang skripsinya di lab, pernah nginap di lab

78. Atau setidaknya pulang malam

79. Atau pulang pagi

80. Dan masuk pada hari libur

Laboratorium

81. Anak farmasi termasuk yang paling tinggi passing grade-nya di kampus

82. Waktu tunggu kerja anak farmasi kalau sudah lulus hanya 0-3 bulan saja, kalau waktu tunggu jodoh… *kemudian hening*

83. Anak farmasi minat industri suka bingung kalau ditanya soal klinis

84. Anak farmasi minat klinis juga bingung kalau ditanya soal industri

85. Anak farmasi cowok umumnya bingung kalau ditanya apapun

AnakFarmasiCowok

86. Selalu ada anak farmasi yang keluar sesudah melewati tahun pertama

87. Karena kebanyakan cewek, anak farmasi umumnya menikah 0-3 tahun sesudah lulus kuliah

88. 99,9% anak farmasi yang bergelar S. Farm, pernah memelesetkan (calon) gelarnya sendiri menjadi Sarjana Pertanian atau Perkebunan

89. Anak farmasi pernah membedah mencit atau tikus bunting, untuk percobaan toksikologi teratogenik

90. Penulis buku OOM ALFAย adalah anak farmasi #faktapenting2014 #faktapenting2015 #faktapenting2016

91. Anak farmasi pintar ngeles kalau disuruh minum obat

92. Tapi paling jago kalau nyuruh orang minum obat

93. Anak farmasi minat industri yang cewek sebagian ogah kerja di pabrik karena nggak bisa dandan

94. Referensi paling umum bagi setiap laporan praktikum adalah buku OOM ALFA laporan kakak kelas

95. Selalu ada anak farmasi yang kerja di bank

96. Selalu ada anak farmasi yang masuk farmasi karena Bokap-Nyokapnya juga lulusan farmasi

97. Anak farmasi juga manusia, punya rasa punya hati, jangan samakan dengan pisau belati!

Banyak aja ya sampai 97. Ada yang kurang? Silakan ditambahkan di komentar ya! Just for fun! ๐Ÿ˜€

Advertisements

145 thoughts on “97 Fakta Unik Anak Farmasi

  1. 98. Sebagian besar anak farmasi pasti pernah pegang buku Fessenden & Fessenden dan Vogel, walopun jarang (gak pernah) dibaca.
    99. Anak farmasi satu2nya yg bangga dengan jargon salah kaprah “Say Yes to Drugs”

    Like

  2. Anak farmasi kalau di suruh aslab bikin teori minimal 3 halaman, pasti d bikin 3 halaman doang. Gue
    Hampir 90% anak farmasi adalah yg nggak lulus kedokteran. Hahaha
    Cewek farmasi adalah idola kampus (selain akuntansi)

    Like

  3. Ngerasa salah jurusan..yes
    Farmasi pilihan kedua setelah kedokteran…yes
    Bangga minta ampun setelah membuat sediaan pertama itu aku banget *padahal ancur hasilnya :D*

    Like

  4. Ngakak baca yang berhubungan dengan mencit, trus fakta nomor 67 pengen banget di bold trus ukurannya super duper gede itu, hahahahahahahaha

    Like

  5. Anak parmasi pasti bisa corel soalnya pernah bikin kemasan obat itupun cuman ganti nama sama warna desainnya copas dri kaka tingkat hahaha

    Like

  6. “Anak farmasi” kebanyakan ga bisa dibilang anak lagi karna mukanya pada tua2 akibat sering begadang, jadi harus ganti pakai “tua farmasi”

    Like

  7. Pingback: 85 Fakta Unik LDR | ariesadhar.com

  8. Udah biasa bawa tas berat sampai diomelin ortu nanti tingginya gak naik-naik -_-
    Duitnya kebanyakan habis karena beli alat tiap minggu.
    Udah biasa pulang malam terus lanjut begadang.
    Laptop kebanyakan e-book
    Postingannya keren, sampai ketawa sendiri xD nice posting ^^

    Like

  9. 100. anak farmasi kalo pas ujian open book langsung kalang kabut fotokopi semua bahan dan catatan teman, tapi semuanya sekedar untuk “ngayem-ayemke ati”…
    101. seperti yg pernah saya komen di fb: skripsinya anak farmasi nek gak ngelab ya survei…

    Like

  10. Pingback: 72 Fakta Unik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) | ariesadhar.com

  11. Pingback: Sebenarnya, Itu Tulisan Saya! | ariesadhar.com

  12. Pingback: 123 Fakta Unik Mahasiswa Jogja | ariesadhar.com

  13. Seru nih… lagi ngerjain tugas dari dosen Biofarmasi di kasih bacaan sama alumni. Jadinya ya cengar cengir sambil ngakak deh.. berasa ngaca banget nih baca ini… good job! ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ ^^

    Like

  14. Pingback: 69 Fakta Unik Kawasan Industri | ariesadhar.com

  15. Kak, saya lulusan SMKF Tahun 2014. Msh belum kuliah. Sempet mikir untuk berpaling tp setelah baca artikel ini, saya jd senyum-senyum inget perjuangan wkt di farmasi. ๐Ÿ™‚ lanjut atau enggak ya kak?

    Like

  16. Pingback: Bukan Plagiat, Tapi… | ariesadhar.com

  17. Pingback: 59 Fakta Tentang Wisuda Universitas Sanata Dharma | ariesadhar.com

  18. Klo nge-lab 6 jam tu yg ga bisa nahan adalah kelaparan yg luar biasa wkwkwk tapi harus tetep stay unyu di lab.
    Walaupun capek berat, tapi klo lolos praktikum dan laporan selesai itu serasa surga dunia haha

    Like

  19. 103. sekitar 40 % anak farmasi pernah berniat untuk pindah sekolah disaat tugas menumpuk , banyak hapalan dan praktek hampir setiap hari.

    Like

  20. 98.Anak farmasi rajin ke perpus minjam buku utk buat lporan,,,
    99.anak farmasi prgi kkmpus gelap,plangnya juga gelap alias mtahari blom terbit sampe mtahari terbenam (*pengalaman :D)

    Like

  21. Pingback: Kemajuan ariesadhar.com di 2014 | ariesadhar.com

  22. Pingback: Beasiswa Kecil-Kecilan Yang Tidak Kecil | ariesadhar.com

  23. – anak farmasi punya jas lab yg bisa jadi jas hujan, meskipun jas lab udah kayak kain lap
    – anak farmasi identik dg angkatan 7-7 (masuk jam 7-pulang jam 7)
    – anak farmasi pergi nge-lab wangi parfum, pulangnya bau amonia / asam2 pekat
    – anak farmasi uang bulanannya habis buat ganti alat lab yg pecah *pecah 1 ganti 2
    – terakhir… anak farmasi bisa menjadi dokter-perawat-apoteker-ahli gizi pertama utk sang masa depan dan sibuah hati

    Like

  24. Pingback: 4 Alasan Cowok Farmasi Adalah Calon Suami Ideal | ariesadhar.com

  25. Pingback: (Mencoba) Menelaah SKP Apoteker | ariesadhar.com

  26. Anak farmasi itu sahabatnya satpam di kampus, dateng yang bukain gerbang duluan dan pulang paling malem sambil tutup gerbang.
    Anak farmasi juga bisa sahabatan sama anak teknik, gara gara handal benerin mesin cetak tablet yang rese.
    Anak farmasi kalo lagi pulang malem suka protes minta pulang siang. Tapi pas pulang siang malah nongkrong di kampus sampe malem.

    Like

  27. -Anak farmasi itu pasti punya “Ilmu Resep”
    -atau buku OOP
    -atau buku ISO
    -atau buku MMI
    -atau Farmakope Indonesia
    -anak farmasi deg-degan saat akan diresponsi
    -anak farmasi itu makannya ga teratur. Jadinya ‘maag’.
    -anak farmasi itu sulit mengatur waktu untuk rekreasi atau liburan.
    -anak farmasi itu pasti banyak bahan copi-an di kost/rumah.
    -anak farmasi itu sering tidur dg laporan.
    -anak farmasi itu rajin menghapal.
    -Obrolan anak farmasi hampir selalu tentang laporan, tugas, responsi, dan jurnal.
    -anak farmasi sering mengunakan jas lap sebagai kain lap.
    -soal nyatat, anak farmasi jagonya.
    -anak farmasi wajib menghapal dan memahami prinsip dan prosedur tiap percobaan.
    -anak farmasi wajib tahu mekanisme kerja obat.
    -atau mekanisme penyakit/gangguan/lainnya

    Salam,
    Seorang Farmasis USU
    ๐Ÿ˜Š

    Like

  28. kereenn artikelnyaa (y) .. suka duka anak farmasi dapett bngtt.. bner smwa dah.. sy jg lulusan smf, skrg sdh bekerja di RS anak didaerah sy ^^
    Bahagia itu FARMASI !!

    Like

  29. bagi ank farmasi… qlo minggu tenang ha
    nya lah mitos… krn gk pernah lpas sm laporan.. n tugas tugas.. apalagi dengan namanya sintesa senyawa obat…. udah pusing kepala mereaksinyny…

    Like

  30. saya mahasiswa farmasi universitas hasanuddin semester 4, saya bangga menjadi Seorang mahasiswa Farmasi karena menurut saya fakultas farmasi adalah fakultas terbaik dan terhebat , karena semua matakuliah rasa-rasanya ingin di pelajari dan di pahami..berpikir bagaimana membagi waktu dengan sebaik mungkin baik untuk diskusi,mengumpul laporan, praktikum dan kuliah ๐Ÿ˜€

    Like

  31. Gw mantan anak farmasi .. Anak farmasi pernah tidur bareng sekelas cwe + cwo bareng gara” kecapean..
    Anak farmasi selalu mukanya kucel & bau obat gara” harus bikin sediaan minimal 3 jm di lap .. Anak farmasi rata” kece & rajin bw parfum ..
    Anak farmasi pernah nangis & ketakutan gara” di suruh keruangan anak farmasi forensik .. Blm terbiasa

    Like

  32. Pingback: Jadi Konsumen Cerdas Dengan Aplikasi Cek BPOM | ariesadhar.com

  33. Pingback: 98 Hal Yang Pernah Dilakukan Anak Farmasi di Laboratorium | ariesadhar.com

  34. Maba ikut komen ah
    -anak farmasi gak mengenal istilah weekend dan malming karena tugas yang menumpuk
    -anak kedokteran bersyukur gak masuk farmasi
    -24 jam buat anak farmasi itu kurang banget
    -responsi dan speaken adalah saat yang horor
    – anak farmasi suka ngerjain tugasnya h-1
    -tiap praktikum pasti ada alat gelas yang pecah

    Like

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s