Kemajuan ariesadhar.com di 2014

Posting pertama di 2015. Baiklah, mungkin sudah pada muntab membaca kalimat barusan. Jadi saya coret saja ya. Posting pertama di 2015.

Tahun 2014 boleh dibilang menjadi lompatan besar bagi blog ini. Sebenarnya pengen nulis ini pas ultah kebangkitannya beberapa hari lagi, sih. Tapi daripada ketinggalan blog lain yang sudah ngepost dari tanggal 1, jadi ditulis sekarang saja ah.

Pada awal-awal 2014, blog ini masih standar belaka. Rekor view seharinya HANYA 316, itu juga karena ada orang yang search tentang Muara Gembong, dan memang masih sedikit artikel tentang Muara Gembong yang terindeks Google kala itu sehingga posting sayalah yang muncul terus. Standarnya ya 200-an. Apalah artinya 200 pageview sehari? Waktu itu, sangat banyak.

Ketika kemudian saya resign pada 5 Maret 2014, menjelmalah saya menjadi pengangguran terang-terangan. Maka, tidak ada cara lain mengisi waktu selain dengan mengerjakan pekerjaan kreatif seperti tidur siang sepuasnya sampai eneg, stalking FB mantan gebetan, dan menulis blog. Saya lantas membaca tulisan tentang fakta unik mahasiswa ITB. Nah, saya lalu bikin tulisan 77 Fakta Unik Mahasiswa Sanata Dharma. Tidak disangka animo terhadap tulisan itu luar biasa. Saya lalu bersemangat dan melanjutkannya dengan 97 Fakta Unik Anak Farmasi yang ternyata (lagi) animonya lebih banyak.

Tulisan tentang anak Farmasi itu pada akhirnya membuat saya sedikit lebih mudah memperkenalkan diri ketika masuk ke kantor baru yang notabene sebagian besarnya adalah Apoteker. Tinggal bilang, “Tahu tulisan 97 Fakta Unik Anak Farmasi? Nah, itu saya yang nulis.”

Cukup bangga.

Nah, di kala saya magabut di awal-awal kerja, maka muncul ide lagi untuk menulis fakta unik begitu. Kemudian setelah bekerjasama dengan adek saya, si Cici, muncullah ide untuk menulis 123 Fakta Unik Mahasiswa Jogja. Tanpa saya duga, tulisan inilah yang kemudian membuat pageview blog ini melonjak minta ampun, bahkan mencapai titik tertinggi yang bisa dicapai dan belum dikalahkan sampai saat ini. Untuk sebuah blog yang sehari-hari cuma sanggup 200 view, tiba-tiba menjadi satuan ribuan per hari, itu ngeri dalam arti bahagia.

Blog2

Namanya posting blog sudah pasti trending. Apapun yang naik, pasti akan turun. Supernya, saya kemudian iseng memasukkan posting itu ke Kaskus dan, voila, jadilah HT. Maka dalam bulan itu, pageview blog ini mencelat menjadi 40 ribu. Saya terharu dengan pencapaian ini, saking terharunya saya lalu meluk pacar. *untungnya sudah punya*

Pencapaian ini mungkin biasa bagi blogger-blogger nan sudah mumpuni. Tapi kalau melihat grafik di atas, sangat jelas progress blog ini, makanya saya berani menulisnya sebagai kemajuan. Dari yang nggak kelihatan di grafik, tiba-tiba bisa melompat ke 10 ribu-an, dan bisa konstan disana untuk beberapa bulan. Ini kemajuan sederhana tapi sangat membanggakan saya.

Dan kebetulan juga, tahun 2014 sudah mulai ada beberapa pihak yang mengajak saya bekerjasama. Yang jadi baru 1, dan secara value masih kecil, satunya pas akhir tahun, masih menanti progres. Well, ada satu lagi sih, tapi gagal karena saya terlalu idealis.

Yah, blog ini sudah ada tahun 2008, dan baru bangkit kembali tahun 2011, bulan Januari, beberapa hari sesudah saya ulang tahun. Makanya, kalau melihat statistiknya tampak hal yang aneh. Ada 2 pageview di 2008, dan baru nongol lagi di 2011.

Blog1

Kalau melihat flow-nya tentu tampak keren bagi saya. 2011 melonjak dari 200-an ke 2000-an via bantuan artikel tentang Shaun The Sheep. Lalu bertahan dan merangkak ke 29 ribu setahun di 2012, lantas sedikit pengaruh dari buku saya OOM ALFA muncul juga dengan kenaikan nyaris 2 kali lipat di 2013. Dan di 2014 naik empat kali lipat.

Semoga tahun ini peruntungan ariesadhar.com tetap semakin naik, minimal tetap konsisten pada angka-angka yang sudah dicapai. Bukan apa-apa, domainnya sudah diperpanjang sampai setahun ke depan, dan parahnya, pas perpanjangan, pas kurs Rupiah sedang tumbang-tumbangnya. Maka ketika tagihan muncul, saya segera mencari dada untuk dielus. #akurapopo.

Well, kepada para pembaca setia ariesadhar.com, saya mengucapkan selamat tahun baru, 2015. Semoga di tahun anggaran baru ini kita semakin berbahagia. Amin.

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.