Sebuah Godaan Untuk Menjadi Orang Baik

Orang Baik

Pembaca ariesadhar.com pasti mahfum benar bahwa saya nggak pernah menulis tentang pekerjaan saya dengan frontal. Bahkan nama perusahaan tempat saya bekerja dulu, cuma tertulis 1 kali saja dari sekian ratus posting yang menghuni blog berumur nyaris 8 tahun ini.

Kalaupun saya menulis tentang pekerjaan, itu adalah ilmu tentang pekerjaan yang saya lakoni, semisal salah satu posting terlaris di ariesadhar.com ini, atau tentang audit-auditan yang jumlahnya lumayan banyak. Kalaulah ada yang curhat, biasanya saya samarkan dengan cerita pendek. Bahkan saya sendiri baru mengaku ke dunia maya mengenai pekerjaan saya sekarang, baru ketika diwawancara sama bidhuan.com. Nggak percaya? Cek saja profil Facebook maupun LinkedIn saya. Disitu hanya tertulis bahwa saya adalah blogger di ariesadhar.com. Itu saja.

Maka, posting ini mungkin adalah salah satu jenis tabu di ariesadhar.com, tapi nggak apa-apa, demi menyemarakkan agenda Mengarang Indah milik De Britto Blogger Club alias DBBC yang dikoordinir dari Jalan Bantul Kilometer 5075. Spesial!

Jadi, sesudah nyaris satu periode SBY-Boediono berkutat dengan Supply Chain baik di pabrik obat maupun pabrik ekstrak bahan alam, saya akhirnya mendapati sebuah turning point. Titik ketika kehidupan saya berubah begitu drastis. Dari gaji X menjadi sepertiga X, dari hidup mengurusi Capital Expenditure (CAPEX) dan Operating Expense (OPEX) hingga penyusunan bujet yang bunyinya miliaran menjadi pengantar surat, dari orang yang disapa ‘Pak’ oleh sebagian besar operator, menjadi manusia yang harus mengganti galon dengan bahagia. Ehm, kalau urusan membenahi kertas yang nge-jam, sih, tidak berubah. Sama saja, di pabrik iya, di kerjaan sekarang juga iya.

Selengkapnya!

Advertisements

Istilah CASN: Sesuai Dengan Peraturan Atau Tidak?

Ada cukup banyak hal yang bikin geli di dunia ini, selain bulu babi dan bulu ayam yang dielus-eluskan di telapak kaki. Demikian juga melihat Chelsea Olivia maupun mantan terindah nikah duluan, itu juga geli. Geli-geli ngilu. Naik OOM ALFA apalagi, geli banget itu, mah. Well, salah satu hal yang bikin geli akhir-akhir ini–setidaknya buat saya–adalah penggunaan istilah CASN.

Munculnya istilah CASN sebenarnya sejalan dengan munculnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Sehingga banyak yang bilang bahwa sekarang nggak ada lagi PNS, nggak ada lagi kenangan, nggak ada lagi mantan, adanya ASN. Ini lucu, karena di dalam UU ASN sendiri, dalam Pasal 6 disebut bahwa:

Pegawai ASN terdiri atas:
a. PNS; dan
b. PPPK.

Upload_1

Jadi, istilah PNS itu sebenarnya masih ada, hanya ditambahkan ruang lingkup besarnya ke dalam ASN bersama dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Maka, menyebut bahwa sekarang istilahnya bukan lagi PNS tapi ASN itu boleh dibilang tidak cocok sama UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Istilah PNS itu masih ada, kok. Masih eksis bahkan di dalam UU yang katanya meniadakan istilah PNS itu.

Selengkapnya!

Beberapa Hal Yang Harus Diketahui Tentang Prajabatan Pola Baru

Absurdisme birokrasi Indonesia memang sudah sangat kronis dan mendarah daging. Memang, sih, pelan-pelan sudah mulai membaik dengan aneka perubahan berkepala e alias apa-apa dielektronisasi dan dionlinekan, tapi perbaikan itu kalah jauh dibandingkan peningkatan jumlah maling yang semakin berkompeten. Mungkin maling-maling berdasi ini pada masa remajanya nggak kesampaian jadi begal.

Nah, mungkin itu memutus bertumbuhnya kampret-kampret birokrasi, Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang bertanggungjawab pada urusan perdiklatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia ini mencoba melakukan terobosan. Salah satu terobosan yang kemudian mencoba mendobrak kemapanan adalah pada diklat prajabatan. Diklat ini cukup krusial, karena bisa jadi akan menjadi satu-satunya diklat yang dilakoni oleh seorang PNS seumur hidupnya. Atau salah dua, satunya lagi diklat Masa Persiapan Pensiun. Nasib PNS kan siapa tahu?

10322-2014-10-27-16-17

Kalau kita nge-search tentang prajabatan yang akrab disapa prajab ini di Google, belum banyak yang menuliskan tentang pola baru. Ya maklum, polanya memang benar-benar baru karena Peraturan Kepala LAN-nya juga belum setahun nongol. Ditunjang dengan fakta bahwa hidup di birokrasi itu harus bisa mengurus dan memperjuangkan diri sendiri, maka akhirnya banyak CPNS yang akan prajabatan yang kemudian kecele. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para CPNS yang akan melakoni prajab dengan pola baru, agar tidak keblasuk nasib seperti senior-seniornya.

Lanjut, Gan!

65 Tips Lulus Tes CPNS

Berita besar hari-hari ini adalah pembukaan lowongan CPNS. Gawean besar setahun sekali yang melibatkan puluhan ribu warga negara Indonesia yang akan mengisi ribuan formasi Pegawai Negeri Sipil di berbagai tingkatan baik itu Kementerian, Lembaga, hingga Pemerintah Daerah. Menjadi isu ketika Pak Jokowi mau menetapkan efisiensi, sehingga boleh jadi bukaan massal ya tahun ini. Kita nggak tahu ke depannya bagaimana, kan? Cuma memang, dari sisi jumlah orang yang pensiun juga banyak. Setidaknya akan tetap ada bukaan CPNS dalam rangka menutup formasi yang pensiun itu. Hmmm.

CPNS2

Nah, dalam rangka membantu teman-teman sekalian yang pengen banget jadi abdi negara, maka berikut saya rangkum beberapa tips yang sudah terbukti dan sudah teruji oleh teman-teman saya sehingga mereka bisa lolos jadi Pegawai Negeri Sipil. Apa saja? Ini dia!

1. Pada saat pendaftaran, gunakan foto terbaru, bukan foto bayi, apalagi foto mantan

2. Oh, apalagi pakai foto pacarnya mantan yang lebih cakep dari kamu. It’s a big NO!

3. Selalu update pada informasi yang ada di situs resmi institusi yang diminati karena informasi sangat dinamis

4. Kalau diminta daftar online, daftarlah secara online, jangan datang ke institusi sambil bilang, “dulu Kakek Buyut saya dirjen disini”

5. Atau datang sambil bawa Om-Om pengangguran botak berkumis yang ngaku kenal sama Kepala Dinas. Basi, cuy!

Mbohae!

5 Tanda Ketika Cinta Diam-Diam Ketahuan

CintaDiamDiam

Ah! Salam galau dulu buat para pelaku cinta diam-diam, sebuah tataran mencintai yang paling indah, sekaligus paling pekok. Bentuk mencintai yang paling tulus, sekaligus paling absurd kayak OOM ALFA. Tahapan berharap yang paling sempurna, sekaligus paling pahit. Semacam membeli reksadana cuma untuk ketenangan hati, dan nggak mengharap return. Salam galau saya bukan saja buat pelaku cinta diam-diam yang masih jomblo loh ya. Juga termasuk kepada pelaku cinta diam-diam yang hatinya bukan pada pasangannya. Selamat menikmati!

Nah, soal cinta diam-diam ini memang bagian khas dari riak-riak dunia. Jatuh cinta itu adalah suatu kewajaran bagi anak manusia, bahkan bagi yang sudah punya pacar, sudah menikah, sudah beranak dua, sudah beristri tiga, hingga sudah bercucu empat belas. Masalahnya, kewajaran itu belum tentu ditindaklanjuti. Sebagian dari perasaan cinta itu tidak akan menjelma menjadi apapun. Perasaan cinta itu hanya akan terpendam saja, tidak kemana-mana. Perasaan cinta itu hanya menjadi kabar gembira bagi diri sendiri, berbeda dengan kulit manggis yang kini sudah ada ekstraknya.

Mbohae!

Pengen Jadi PNS? Baca Ini!

PNS alias Pegawai Negeri Sipil, diakui atau tidak, masih menjadi pekerjaan yang diperebutkan. Memang ada sebagian pihak yang mengutuk-ngutuk pekerjaan ini karena kesan magabut dan sejenisnya, tapi kita tidak bisa memungkiri ada fakta bahwa ribuan orang berbondong-bondong ikut tes PNS alias seleksi penerimaan CPNS. Nah, berhubung bulan-bulan ini tahapan rekrutmen PNS sudah dimulai, maka berikut beberapa aspek teknis yang perlu diketahui dalam hal mendaftar menjadi Pegawai Negeri Sipil. Sebagian dari tulisan ini menyasar kepada orang-orang yang sudah bekerja di swasta dan ingin mendaftar jadi PNS. Jadi, bagi yang pengangguran, mungkin sebagian dari tulisan ini menjadi tidak relevan. Silakan disesuaikan sendiri.

Daftar Gaji PNS 2013

NXT!

72 Fakta Unik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Hari-hari gini ribuan anak bangsa merintis jalan menuju pekerjaaan idaman calon mertua: PNS. Memang, orang tua-tua bilang kalau jadi PNS itu enak. Dan orang tua-tua itu benar, jadi PNS itu enak. Masalahnya, orang tua-tua nggak pernah bilang kalau sebelum jadi PNS itu harus jadi CPNS dulu, dan orang tua-tua nggak ada yang pernah bilang bahwa jadi CPNS itu enak. Jadi siapa sebenarnya orang tua-tua itu?

Sampai hari ini, ada yang sudah berbulan-bulan resign dari pekerjaan lamanya dan kemudian semakin galau karena belum masuk-masuk. Well, kalau galau, boleh loh baca buku Oom Alfa saja. Ditunjang kabar portal berita bahwa rekrutmen CPNS akan segera dibuka untuk seleksi tahun ini, makin galaulah orang-orang yang sudah diterima, sudah resign, sudah pemberkasan, tapi belum masuk-masuk itu.

Nah, sekaligus melengkapi 77 Fakta Unik Mahasiswa Sanata Dharma dan 97 Fakta Unik Mahasiswa Farmasi, mari kita simak 72 Fakta Unik CPNS berikut ini.

1. CPNS adalah singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil

2. Tapi banyak yang berharap itu juga adalah singkatan dari Calon Pegawai Nihil Setoran

3. Sebagian besar CPNS ikut tes seleksi atas permintaan orangtua

4. Sebagian besar dari rombongan peserta tes seleksi CPNS adalah orang-orang yang sudah punya pekerjaan

5. Iya, mereka bukan pengangguran

6. Tapi tetap aja nyari kerjaan lain

7. Dasar manusia!

8. Sebagian peserta tes seleksi CPNS mengikuti ujian di lebih dari 1 instansi

9. 99% pendaftar CPNS pernah mengakses website institusi yang hendak dimasukinya

10. 1%-nya karena institusinya nggak punya website

11. Selalu ada pendaftar CPNS yang ditelepon sama penipu

12. Dan selalu ada yang kena tipu. Heran deh!

13. Sebagian pendaftar CPNS pernah mencari nama saingannya di FB

14. Atau Twitter

15. Atau LinkedIn

16. Atau Google

17. 99% orangtua senang luar biasa begitu anaknya keterima jadi CPNS

18. Sebagian besar dari mereka akan update status BBM bahwa anaknya keterima CPNS

19. Atau update status FB

20. Plus koar-koar ke tetangga komplek

21. CPNS aneka instansi sering bersua di kantor polisi waktu buat SKCK

22. Atau kantor pajak, pas buat NPWP

23. Atau di kantor psikolog, pas tes psikologi

24. Atau di RSUD pas bikin surat keterangan sehat

25. Atau antre pipis untuk surat keterangan bebas narkoba

26. Sebagian peserta lulus CPNS mengurus surat-surat itu sambil ditemenin orangtuanya

27. Padahal yo wis gedhe

28. Kayak gitu mau jadi abdi negara?!

29. Sebagian besar peserta lulus CPNS heran dengan syarat ijazah SD untuk pemberkasan

30. Sebagian peserta lulus CPNS ingat mantan waktu fotokopi ijazah SMP

31. Dan ijazah SMA

32. Sebagian sisanya nggak ingat, karena memang nggak punya mantan. Kasihan!

33. Sebagian peserta lulus CPNS kepedean langsung minta resign secepatnya

34. Lalu lontang-lantung di rumah menunggu kejelasan

35. Sebagian CPNS penunggu kejelasan ini membuka web institusinya 3 kali sehari

36. Padahal makan aja 2 kali sehari, soalnya sudah nggak gajian

37. Resign untuk jadi CPNS biasanya lebih mudah daripada pindah ke company swasta lainnya

38. Peserta lulus CPNS sering ditanya “bayar berapa?”

39. Atau “kok bisa masuk?”

40. *kemudian hening*

41. Peserta lulus CPNS yang sudah nganggur lebih dari 2 bulan mulai menggalau

42. Soalnya persediaan duitnya mulai menipis

43. Kecuali yang anak dirjen

44. Peserta lulus CPNS yang kadung resign tapi nggak masuk-masuk, malu untuk menampakkan batang hidung ke muka publik

45. Apalagi yang kadung udah update status kalau keterima PNS

46. Peserta lulus CPNS yang nggak masuk-masuk mulai mencari teman seinstansi atau instansi lain

47. Malah ada yang kopdar

48. Berasa komunitas blogger!

49. Kemudian mereka saling menguatkan satu sama lain

50. Karena berasa senasib dan sepenanggungan

51. Dan mereka akan hidup bahagia selamanya!

52. Hari pertama jadi CPNS lebih mirip hari pertama Ospek daripada hari pertama di tempat kerja

53. CPNS yang sudah pernah kerja di swasta, biasanya kaget lihat gaji pertamanya

54. Padahal gaji itu bisa dilihat di Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2013

55. Kenapa nggak ngecek dari dulu?!

56. Seminggu pertama, CPNS akan sadar betapa pentingnya huruf C

57. 1000% CPNS sensitif sama huruf C

58. Bagaimanapun, PNS tetaplah pekerjaan ideal bagi sebagian besar calon mertua

59. Iya, kalau punya calon mertua, sih

60. Bukannya situ jomblo?

61. 100% CPNS pernah ditanya, “kok mau sih jadi PNS?”

62. 90% akan menjawab dengan muter-muter

63. CPNS jomblo akan memanfaatkan waktu sebelum penempatan untuk berburu jodoh

64. Siapa tahu ada yang nyantol

65. CPNS sangat sensitif dengan angka 80%

66. CPNS yang berbackground penjahat kelamin bakal nyesel karena tahu kalau di PNS itu rada susah untuk poligami

67. CPNS pengen cepat-cepat diklat pra-jabatan

68. CPNS itu pengen cepat-cepat gajian

69. Padahal kerja juga belum!

70. Menjadi CPNS adalah bentuk pengabdian nyata bagi orangtua

71. Dan/atau negara

72. Serta tentu saja calon mertua (kalau punya)

Ya sudah, sekian saja hasil kontemplasinya. Semoga yang berkasnya masih diproses di BKN segera bisa masuk. Semoga juga yang kepengen daftar PNS bisa berpikir ulang terhadap niatnya itu. Dan mari kita doakan agar para CPNS yang lulus tes 2013 dan masuk 2014 ini bebas dari godaan hawa nafsu korupsi. Amin.

[Interv123] Calon Pegawai Nihil Setoran

Namanya juga bayar utang, jadi dikebut! Kalau kemaren kita bertemu dengan pegawai pajak yang statusnya sudah PNS sejak lahir, sekarang kita berjumpa dengan seorang calon pegawai nyari nihil setoran bernama Rido Arbain. Ya, dalam masa-masa tertentu dapat disapa sebagai Rido G. Bastian. Memang Rido suka menggantikan Vino khusus adegan ranjang semisal ketiban ranjang, ranjang kebakar, atau–yang paling umum–membersihkan ranjang.

Kenapa Rido? Kenapa bukan Paimin atau Tukirin? Tentu saja, tamu interv123 tidak pernah biasa-biasa saja. Rido pernah satu buku dengan saya di Radio Galau FM Fans Stories, dan sebagai seorang CPNS yang bukan Raditya Dika, jumlah follower-nya terhitung lumayan, plus aktivitas ngetwitnya mengagumkan. Coba saja follow @ridoarbain, atau tengok blognya ridoarbain.com

RGFM Fans Stories: Rido Galau FM Fans Stories

RGFM Fans Stories: Rido Galau FM Fans Stories

Yuk, kita mulai dengan pertanyaan LIMAWESATUHA!

YUK!!!!