59 Fakta Tentang Wisuda Universitas Sanata Dharma

Hari ketika tulisan ini dibuat adalah harinya wisuda di Universitas Sanata Dharma. Sebagai alumni dari Universitas yang namanya diabadikan oleh Bapak saya sebagai nama anak pertamanya ini, tentu saya punya segudang memori tentang almamater tercinta. Sebagian memori itu sudah saya tuangkan di postingan berjudul 77 Fakta Unik Mahasiswa Sanata Dharma, dan kali ini yang saya bawakan adalah 59 Fakta Tentang Wisuda Universitas Sanata Dharma. Yuk, disimak!

wisuda-usd_1204

1. Mahasiswa Universitas Sanata Dharma yang mengikuti wisuda adalah yang sudah yudisium (lah cetho!).

2. Tidak semua mahasiswa yang yudisium pada periode tertentu akan mengikuti wisuda. Sebagian tidak wisuda karena alasan biaya.

3. Wisuda di Universitas Sanata Dharma umumnya diselenggarakan di Kampus Mrican. Pernah juga di Paingan, sih.

4. Cuma kayaknya kalau di Kota Baru belum pernah. Kayaknya lho ya.

5. Jika dihelat di Mrican, maka wisuda diselenggarakan di area Realino dengan titik fokus wisuda ada di panggung Realino.

6. Wisudawan/wati duduk di kursi lipat yang diletakkan di atas jalan konblok.

7. Orangtua dan pengantar duduk di kursi lipat yang diletakkan di lapangan bola.

8. Iya, sudah dandan pakai sanggul sasak dan kebaya duduknya tetap di lapangan bola.

9. Diperlukan tenda yang cukup banyak untuk menutup area wisuda yang sebagian merupakan lapangan bola.

10. Berdebu dong? Wong julukan’e wae Santiago Berdebu!

11. Oya, penulis buku OOM ALFA, diwisuda di Realino, lho! #infopenting2014

12. Tenang, sebentar lagi semuanya akan tinggal kenangan karena bakal ada auditorium!

13. Toga yang dipakai untuk wisuda adalah toga minjem punya kampus.

14. Proses ngepas dilakukan sekitar sepekan sebelum wisuda.

15. Sehabis wisuda, toga harus dikembalikan. Kalau samir-nya boleh dimiliki.

16. Sebagian besar program studi menggelar acara pelepasan wisudawan/wati dalam rentang 1-3 hari sebelum wisuda.

1381569_10200283850573616_905168050_n

17. Kecuali: Farmasi. Pernah menggelar pelepasan wisuda beberapa minggu sesudah acara wisuda.

18. Sebagian mahasiswa sudah pernah mengikuti acara pelepasan sebelumnya, mendampingi mantan pacar.

19. Maklum, dapatnya kakak kelas.

20. Selalu ada alumni yang sudah pernah pakai toga yang datang pada saat acara wisuda.

21. Ya itu tadi, pacarnya kan adek kelas.

22. Selalu terjadi, sudah dibela-belain datang pas wisuda, ujungnya nggak jadi kawin juga.

23. Pada saat masuk area Realino, calon wisudawan/wati sudah disambut fotografer yang walau nggak kenal udah main foto aja.

24. Wisudawati umumnya sudah bangun sejak jam 3 pagi untuk antre salon.

25. Wisudawan ada yang baru bangun jam 7 pagi.

26. Prosesi wisuda dimulai dengan arak-arakan senat dan wisudawan yang durasinya bisa lebih dari 30 menit, diiringi musik nan keren dari UKM Karawitan.

27. Panggung Realino akan dihuni oleh rektor dan seluruh senat, UKM Karawitan, dan UKM PSM Cantus Firmus

28. Lulusan terbaik masing-masing fakultas punya tempatnya sendiri di bagian depan. Mereka dipindahkan talinya oleh Rektor. Bersama orangtua masing-masing pula! Namanya juga ‘dengan pujian’!

29. Sementara lulusan ‘dengan kasihan’ sedang sibuk kipas-kipas pakai buku wisuda.

30. Prosesi wisuda dilakukan oleh Dekan Fakultas dan Kepala Program Studi.

31. Dekan memindahkan tali, salaman. Kaprodi memberikan map, salaman. Kelar.

32. Dekan yang paling pegel banyak memindahkan tali dalam acara wisuda Universitas Sanata Dharma adalah dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

33. Ada dua jalur yang digunakan untuk pemanggilan wisudawan/wati, kiri dan kanan panggung. Dua jalur ini dipanggil bergantian.

34. Kalau kamu pas cum laude, saat dipanggil ada tambahan, “predikat kelulusan Dengan Pujian”.

35. Selalu ada anggota senat yang terkantuk-kantuk ketika sesi memindahkan tali ini.

36. Kadang ada wisudawan/wati yang diberi tepuk tangan ketika namanya dipanggil.

37. Biasanya langsung diikuti ucapan, “huuuu…..” dari pemirsa lain. #pengalamannyata

38. Begitu selesai, wisudawan/wisudawati kipas-kipas lagi sambil mainan HP dan update status.

39. Kantong kemeja para wisudawan umumnya jadi penitipan HP milik wisudawati.

40. Sesudah prosesi wisuda ada lagu ‘Bagimu Negeri’ yang diikuti dengan sambutan dari rektor, wakil alumni, wakil orangtua, hingga wakil wisudawan.

41. Pernah terjadi: orangtua maju sambutan sebagai wakil orangtua, anaknya maju sebagai wakil wisudawan.

42. Pernah terjadi: 1 orang maju sambutan sebagai wakil wisudawan, bertahun-tahun kemudian maju sambutan sebagai wakil alumni.

43. Sambutan-sambutan akan diselingi oleh lagu dari PSM Cantus Firmus

44. Biasanya, setiap lagu didahului oleh narasi ciamik yang sejak tahun 2008-an sampai 2013 dibuat oleh seseorang bernama Cicilia.

45. Pernah ada yang pakai toga, terus habis wisuda naik ke panggung, main keyboard, mengiringi lagu dari PSM Cantus Firmus. Namanya Danang, lagunya ‘Your Love’.

46. Atau jadi solis, nyanyi Lagu Rindu dari Kerispatih. Namanya Danang juga.

47. Atau jadi dirigennya sekalian. Kalau ini namanya Lani.

48. Menjelang acara berakhir ada sesi menyanyikan lagu Hymne Sanata Dharma.

49. Sesudah wisuda biasanya langsung riweuh mencari teman-teman untuk foto-foto dan perpisahan.

50. Momen perpisahan ketika wisuda tidak terlalu dirasakan oleh anak farmasi, karena sebagian besar (sekali) dari mereka akan bertemu lagi Senin depan di kelas dalam kuliah profesi apoteker.

51. Salah satu wisuda paling terkenal sepanjang hikayat Universitas Sanata Dharma adalah November 2010.

52. Jumat pagi terjadi erupsi besar Merapi, Jumat siang sempat digosipkan batal, Sabtu pagi wisuda tetap berjalan di bawah naungan abu vulkanik. Dan syukurlah berjalan lancar.

53. Selalu ada stand foto di belakang area orangtua sebagai opsi untuk foto-foto.

54. Selalu ada mahasiswa dari seksi DDU atau Danus yang dagang bunga ketika wisuda.

55. Bagi sebagian besar wisudawan (kecuali mayoritas Farmasi), wisuda adalah kali terakhir mereka datang ke kampus.

56. Selalu ada pengumuman macam di Ragunan sesudah acara wisuda selesai: “kepada Tukirin dari Magelang, ditunggu keluarganya di panggung!”. Padahal yang dipanggil lagi asyik foto-foto.

57. Selalu ada wisudawan/wati dan keluarga yang bertemu kembali di studio foto elit yang tersebar di seantero Jogja.

58. Selalu ada wisudawan/wati dari keluarga yang bertemu lagi di rumah makan mahal yang berada di berbagai tempat di Jogja.

59. Walau berdebu, seluruh alumni yang pernah wisuda dalam panji-panji Universitas Sanata Dharma pasti mengenangnya dengan bahagia karena sejatinya wisuda hanyalah sebuah langkah dalam kehidupan.

Selamat kepada para wisudawan/wati yang dipindah talinya hari ini! Percayalah, rasanya biasa saja kok. Heu.

19 thoughts on “59 Fakta Tentang Wisuda Universitas Sanata Dharma

  1. Fakta ke-61 : Banyak yang salah urutan walaupunsudah ikut gladi bersih. Seharusnya tali kuncir dipindahkan ke kanan dulu baru berjabat tangan, tapi banyak kebalik dan hasilnya menyodorkan tangan tanpa dibalas jabat tangan pak Dekan. Hahahaha. Eniwei, saya salah satu yang di wisuda kemarin Hari Sabtu, 11 Oktober 2014.🙂

    Like

  2. wisudawan/wati yang terakhir maju disambut tepuk tangan riuh wisudawan/wati lainnya karena tandanya: akhirnya selesai juga! wesss sumuk! hahahaaa –> baru saja terjadi di wisuda kemarin *kalo tahun2 sebelumnya gitu juga nggak ya mas* hahahaa

    Like

  3. Point 51 kui jamanku…sepatunya udh ga hitam lagiii…abu-abu.

    Fakta 62. Ketika pita dpindahkan dan selanjutnya salaman, ada yg narsis ketika difoto dan pastinya ada yg lupa pada bagian itu sehingga hbs salaman langsg ngluyur pergi

    Like

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s