Kesaksian Ampuhnya Doa Melalui Santo Antonius

KesaksianAmpuhnyaDoa

Sebelumnya, mohon izin dulu untuk menulis sesuatu yang terkait dengan agama yang saya anut. Bukan apa-apa, sih, tapi saya kan pernah bilang kalau posting terkait agama bakal ditulis di blog yang lain. Hanya saja pengalaman kali ini terlalu ajaib untuk tidak dikisahkan di blog utama saya, ariesadhar.com. Ini dia ceritanya.

Bagi orang-orang yang mengenal saya di gereja, mungkin saya tampak sebagai orang yang religius. Apalagi waktu di Cikarang, saya itu nongol di koor, nongol di lektor, nongol di lingkungan ikut macem-macem, terakhir malah nongol di altar. Tapi nggak jadi Romo juga, sih. Hanya saja, itu pencitraan yang tampak saja. Pada dasarnya saya itu orang yang jarang berdoa.

Nah, pas lagi main ke rumah pacar beberapa waktu silam, tetiba Om Camer kehilangan sebuah sekrup kecil setengah sentimeter. Cari punya cari, akhirnya sekrup itu ketemu! Om Camer kemudian berkisah kepada saya soal ampuhnya doa kepada Santo Antonius. Saya dulu ikut legio, dengan topik pembahasan santo-santa setiap pekannya, jadi saya sudah tahu bahwa Santo Antonius itu sangat membantu untuk mencari barang-barang yang hilang. Saya tahu, tapi saya tidak pernah mempraktekkannya.

Entah kenapa saya tidak cukup rajin melakukan doa devisional. Saya memang suka datang ke tempat ziarah, mulai Ganjuran sampai Kuningan, tapi ya hanya sebatas itu saja. Novena? Saya malah pernah trauma karena dua kali novena saya tidak sesuai permintaan. Saya takut berdoa, karena saya takut menjadi meragukan Tuhan. Sampai kemudian terjadi salah satu peristiwa yang paling absurd dalam hidup saya.

Alkisah saya hendak mengurus sesuatu yang membutuhkan dokumen-dokumen penting. Jadilah beberapa dokumen penting saya ambil dari tempat penyimpanan di kos dan saya bawa ke kantor. Urusan penting itu berhasil selesai dalam waktu hanya 1 jam, itupun sudah pakai acara bolak-balik kantor. Nah, map berisi dokumen penting kependudukan saya itu kemudian saya letakkan di meja.

Masalah muncul ketika tiba-tiba map itu raib dari meja. Saya tentu saja galau maksimal, apalagi rekam jejak saya untuk ingatan akan penyimpanan itu sebenarnya bisa diandalkan. Cuma kok yang ini bisa lupa dan lenyap. Seluruh laci saya bongkar, pun dokumen-dokumen yang menumpuk di meja. Hasilnya? Nihil. Bahkan, karena terlalu fokus pada dokumen hilang ini, saya nyaris ketinggalan pesawat ke Jogja.

Sepanjang Jumat sampai Selasa malam saya menggalau habis karena dokumen yang hilang itu asli, beneran asli. Entah ada korelasi atau tidak antara cerita Om Camer dan kehilangan yang saya alami beberapa waktu sesudahnya. Saya hanya berusaha mencari korelasinya saja.

Saya mulai melakukan cara-cara rohani: berdoa. Ah! Sebagai orang dengan pencitraan gerejawi tapi jarang berdoa, saya lalu dihadapkan pada ketakutan untuk meragukan Tuhan. Ya, saya itu kebanyakan nrimo jadi bisa dibilang jarang minta banyak sama Tuhan. Giliran minta, nggak terkabul. Saya malah takut doa, padahal kemudian saya sadar bahwa nyatanya ketika dua novena saya yang gagal itu justru berujung pada jalan lain yang ternyata lebih baik buat saya.

Tapi namanya manusia kalau sudah mentok, akhirnya ya doa juga kan? Mulailah saya berdoa lewat perantaraan Santo Antonius. Inilah pertama kalinya saya berdoa dengan perantaraan Santo Antonius, sesuatu yang sudah saya tahu bertahun-tahun silam. Doa dan pencarian di hari Senin kemudian berujung kosong. Saya lalu berdoa lagi, dan untuk ada mbak pacar yang mengingatkan saya untuk selalu berdoa.

Hari ini saya mencoba untuk masuk lebih pagi supaya bisa bongkar-bongkar tanpa menarik perhatian orang lain. Ya nggak enak juga orang lain kerja, kita bongkar-bongkar. Apalagi saya kan orangnya nggak enakeun. Seperti hasil googling saya di blog-blog kesaksian kesuksesan doa melalui Santo Antonius, barang yang hilang ditemukan di tempat yang dekat-dekat dengan lokasi hilang. Mulailah saya cari demi cari di meja dan di lemari kecil yang ada di meja saya. Walaupun saya yakin bahwa di awal map tercinta itu hilang, saya sudah membongkar laci itu. Pun di hari Senin kemarin.

Laci di meja saya ada tiga. Saya lalu menarik laci paling atas, bongkar-bongkar, intip-intip. Eh, kok nemu sebuah bentuk puith disana. Semacam bentuk yang saya cari-cari sedari Jumat. Tangan saya lalu masuk melalui laci kedua, rogoh-rogoh-tarik-tarik, dan voila! MAP ITU KETEMU!

Well, kini saya si orang yang secara pencitraan aktif di gereja akhirnya tertampar oleh khasiat sebuah doa. Saya yang rajin tugas lektor tapi justru hampir nggak pernah doa harian itu mendapatkan fakta bahwa dengan berdoa dan berserah, permintaan kita dikabulkan. Selama ini saya selalu percaya pada garis Tuhan saja, sehingga tidak terlalu banyak meminta. Atau kalaulah meminta, saya mintanya begitu detail, misal: keterima Unilever. Setelah dipikir-pikir, minta itu boleh, spesifikpun boleh, usaha juga. Tapi ada satu hal yang selalu hilang dari saya sepanjang berdoa untuk meminta: berserah. Ah, kena saya kali ini.

Saya harus mewartakan ampuhnya doa via blog yang banyak dilihat. Kalau saya pasang di blog saya yang satunya, pengunjungnya belum terlalu banyak. Jadi, ya saya tulis di blog ini saja. Percayalah bahwa doa ditambah dengan kepasrahan akan menghasilkan sesuatu.

Berikut doa novena yang bisa dilakukan dalam kasus seperti saya. Sebenarnya ini pilihan sih, boleh juga sambil nyari, sambil doa sama Santo Antonius:

Doa pembuka
Santo Antonius yang terkasih, kami menghormati dikau sebagai hamba Allah yang setia dan ulet. Semoga kami dibantu oleh jasa-jasa dikau dan perantaraan dikau; sehingga permohonan kami dikabulkan oleh Allah. Amin

Hari Pertama
“Dengarkanlah suara permohonanku, apabila aku berteriak kepada-Mu minta tolong, dan mengangkat tanganku ke arah tempat-Mu yang maha kudus”
 Mzm28:2

Permohonan …

Santo Antonius, pembuat mukjizat yang dikaruniai oleh Allah secara berlimpah. Banyak mujizat telah dilakukan oleh-Nya melalui perantaraan dikau. Dalam kebaikan dikau, datanglah sekarang untuk membantu kami dan dengarlah doa permohonan kami ini. Amin

Hari Kedua
“Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku”
 Mzm27:9

Permohonan …

Santo Antonius yang terkasih, kami datang kepada dikau dengan penuh keyakinan akan karunia Allah yang ada pada dikau; yang selalu bersedia untuk menolong mereka yang membutuhkannya. Dikau yang berada di kemuliaan surga, jadilah perantara kami. Amin

Hari Ketiga
“Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu”
 Mzm86:5

Permohonan …

Santo Antonius yang mulia, kami mengakui kelemahankami dan dosa-dosa kami terhadap Yang Mahakuasa. Meskipun kami tidak layak, tolonglah kami dalam kebutuhan kami yang mendesak ini. Karena kasih dikau kepada kami, jadilah pembela kami. Amin

Hari Keempat
“Perdengarkanlah kasih setia-Mu kepadaku pada waktu pagi, sebab kepada-Mulah aku percaya! Beritahukanlah aku jalan yang harus kutempuh, sebab kepada-Mulah kuangkat jiwaku”
 Mzm143:8

Permohonan …

Santo Antonius yang rajin menolong, tolonglah kami agar dapat mengerti dan menghargai maksud-maksud Allah dalam kehidupan kami. Jadilah pelindung kami yang berkuasa dalam kebutuhan kami ini. Kami yakin dikau akan memohonkan belas kasih Allah demi kami yang membutuhkannya. Amin

Hari Kelima
“Orang yang mengenal nama-Mu percaya kepada-Mu, sebab tidak Kau tinggalkan orang yang mencari Engkau, ya TUHAN”
  Mzm9:10

Permohonan …

Santo Antonius yang murni, demi kasih dikau kepada Kristus dan Gereja-Nya, kami memohon bantuan dikau bagi kami yang berada di dalam kecemasan ini. Kami memohon jawaban. Perlihatkanlah kuasa Allah dalam para orang kudus-Nya dengan membantu umat-Nya. Amin

Hari Keenam
“TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya”
  Mzm28:7

Permohonan …

Santo Antonius yang rendah hati, penyerahan dikau kepada kemiskinan memperkaya Gereja dengan banyak berkat. Kami memohon pertolongan dikau, semoga karena contoh dikau itu, kami diberi rahmat kerendahan hati untuk menerima kehendak Allah. Amin

Hari Ketujuh
“Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku”
 Mzm23:4

Permohonan …

Santo Antonius yang baik, dikau menghibur mereka, yang seperti kami berada dalam duka. Beradaklah bersama kami, yang mencontoh dikau, mau menghibur mereka yang ada dalam kesulitan. Mohon pertolongan Allah bagi kami. Amin

Hari Kedelapan
“Keinginan orang-orang yang tertindas telah Kaudengarkan, ya TUHAN; Engkau menguatkan hati mereka, Engkau memasang telinga-Mu”
 Mzm10:17

Permohonan …

Santo Antonius yang terberkati. Kehidupan dikau merupakan contoh kesempurnaan yang mengerjakan perbuatan-perbuatan ajaib bagi mereka yang sangat membutuhkannya. Dari kediaman dikau di surga, datanglah. Bantulah kami, mohonkanlah jawaban Allah atas kebutuhan kami ini. Amin

Hari Kesembilan
“Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu”
 Mzm86:5

Permohonan …

Santo Antonius yang setia, hati kami melimpah dengan perasaan terima kasih. Kami mengetahui bahwa kuasa dikau karena Allah adalah besar, dan kami tahu pula bahwa dikau akan memperoleh daripada-Nya apa yang kami harapkan. Tolonglah kami sekarang; kamipun memohon agar kami dapat melayani Allah seperti dikau pernah melakukannya. Amin

Santo Antonius yang dicintai dan dihargai oleh Kanak-kanak Yesus; dengarkanlah doa-doa kami ini.

Doa penutup
Ya Allah, kami memohon agar penghormatan kami kepada Santo Antonius menjadi sumber sukacita Gereja-Mu. Semoga pertolongannya membuat kami lebih kuat dalam iman kami. semoga pula bantuannya membuat kami memperoleh imbalan yang abadi. Kami memohon ini dengan perantaraan Yesus Kristius, Tuhan kami. Amin

Begitulah, sedikit kesaksian saya pada ampuhnya doa melalui Santo Antonius. Benar juga, salah satu nilai plus jadi orang Katolik adalah tim doanya banyak.🙂

34 thoughts on “Kesaksian Ampuhnya Doa Melalui Santo Antonius

  1. Puji Tuhan…..
    Santo Antonio memang penuh dengan muzijat
    Saya pun sedari lama tak pernah lupa, semua do”a dan harapan saya kepada Tuhan Allah Bapa selalu melalui perantaraan nama Santo Antonio…
    Amin

    Like

  2. Thanks sharingnya.saya mengalami persis kejadian di atas.setelah saya berdoa saya cari seperti itu.ternyata ketemu map saya yang hilang.

    Like

  3. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Mas Arie Sadhar, yang telah mem-post doa ini di blog ini. Baru beberapa menit yang lalu, saya menemukan paspor saya yang hilang saat pindahan kos dari Bandung ke Jakarta. Sudah berhari-hari saya mencari, sampai saya galau berat karena kalau di BAP Imigrasi saya diketahui kehilangan paspor akibat kelalaian sendiri, paspor saya bisa ditangguhkan 6 bulan – 2 tahun. Padahal saya butuh paspor saya untuk apply S2 ke Taiwan bulan depan. Oleh sebab itu, saya sangat bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada St. Antonius dari Padua dan Mas Arie Sadhar yang telah menjadi tangan Tuhan dalam menurunkan mukjizat kepada saya. Terima kasih, Mas. Lanjutkan menulis blog yang bermanfaat ini. GBU

    Like

  4. Puji Tuhan bisa membaca kisah2 yg indah dari mujiksat St Antonius. Hari ini selasa 17 mei adlh selasa ke 5 utk Novena kpd St Antonius. Permohonanku telah di kabulkan. Semoga semakin banyak orang yg percaya kpd Tuhan dan berdoa melalui peranteraan St Antonius.

    Like

  5. Saya juga kehilangan voucher , saya sangat yakin bahwa voucher itu sudah saya masukkan tas. Voucher tersebut akan saya gunakan untuk pembayaran pesawat. Saya cari2 dan bongkar didalam tas, tidak menemukan. Kemudian saya berdoa mohon pertolongan melalui St Antonius dan berserah kepada Allah Bapa agar voucher tersebut bisa diketemukan. Kira2 1,2 jam kemudian tilpun rumah berdering. Tilpun saya angkat dan yang terdengar suara teman akrab saya. Dia katakan”Mbak ada barang yang hilang ditas ya, coba cari?Langsung saya jawab , apakah itu voucher ya?Dia jawab “iya, vouchernya jatuh dibawah tempat duduk mobilku”.Kemudian saya katakan”Terimakasih Santo Antonius”

    Like

  6. Terima kasih atas restu dari St Antonius yg sudah membukaan jln dari smua masalah dan kesulitanku… Engkau menunjukan jalan atas kebenaran yg saya harapkan dan menjadikan aq lebih dari seorang pemenang

    Like

  7. Ya!!! Saya juga sudah mengalami kedahsyatan mujizat & belas kasih Tuhan melalui “Doa Yang Indah Kepada Santo Antonius”. Doa ini bukan hanya untuk barang/benda yg hilang tetapi juga u/ hal2 lain. Misalnya kesembuhan dari sakit, kelancaran dalam sebuah urusan, memohonkan semangat belajar bagi anak2 yg malas sekolah dan lain sebagainya.
    Bertekun dalam Doa niscaya TUHAN akan menjawab dengan caraNYA.

    Like

    • Mbak, pada prinsipnya kalau saya mah, namanya doa ya doa saja dengan iman yang kita punya. Doa apapun bisa saja digunakan kalau kita percaya dan menjiwai kalimat Bunda Maria “Terjadilah padaku menurut perkataanMu”. Posting ini hanya kesaksian bahwa ada doa yang terkabul. Menurut saya, ini adalah bukti bahwa doa itu ampuh. Begitu. Makasi, mbak.

      Like

  8. Santo Antonius memang penuh mukzizat. Saya mengalaminya sendiri hari ini. 2 Bulan lalu aku liburan di luar negeri dan melakukan penarikan uang dari mesin ATM dengan kartu Visa dari salah satu Bank di negara saya bekerja. Setelah transaksi tertulis di mesin ATM success Kartu visaku keluar mesin bekerja seperti biasa tetapi uang tidak keluar. Setelah dicek ke mesin ATM lainnya. Saldo berkurang. Aku berusaha menghubungi bank tersebut tetapi mereka bilang tidal bisa berbuat apa apa karena kartu visa bukan dari bank mereka dengan demikian mereka tidak memilik akses untuk mengecek transaksi. Dengan sangat kecewa dan liburanku berakhir aku kembali ke negara tempat tugas saya. Dengan penuh kekecewaan aku hanya berdoa kepada Santo Antonius dan tidak melaporkannya kepada Bank pemilik kartu Visa. Hari ini disaat aku sangat membutuhkan uang itu iseng iseng aku mengecek kembali saldo pada kartu visa yang telah aku kosongkan sejak kejadian itu. Alangkah terkejutnya saya. Saldoku kembali ada US$300. Sunguh besar Mukzizat yang dimiliki Santo Antonius. Terima kasih Santo Antonius. TERPUJILAH NAMA SANTO ANTONIUS DARI PADUA….SEKARANG DAN SELAMA-LAMANYA..AMIN.

    Like

  9. barusan saja saya habis baca doa ini yang buat hari pertama, medali wasiat saya yang dari emas putih (beli dari gaji pertama) langsung ketemu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    padahal saya udah hilang dan cari2 selama 4 hari lho ga ketemu2 ditempat yang sama kok.. tapi ga ketemu ketemu juga.. eh saya pas browsing dapat blog ini dan saya langsung mempraktekkannya,,,giliran ini baru saja selesai doa saya coba cari lagi ditempat yg sama eh ketemu dilantai tempat saya mandi ada kilau2 emas putih.. padahal sebelumnya udah keliling cari di lanati kamar mandi, lemari baju ga ada kilau2nya..

    Terima Kasih St Antonius, Terima Kasih Tuhan…Terima Kasih mas Aries Adhar.. atas sharing doanya sangat membantu saya….

    Karawang,

    Berkah Dalem ^_^

    Like

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s