Bukan Plagiat, Tapi…

Pagi ini saya ngepet, uhm, nge-Path sih tepatnya. Sedang geser-geser sana-sini, tetiba saya sampai pada sebuah posting yang aneh–menurut saya. Langsung saya buka posting Path itu, lalu saya baca, dan ya benar saja. Benar-benar patah hati. Ini dia postingannya.

Screenshot_2014-09-25-08-11-40 (1)

Kenapa patah hati? Karena konten gambar rePath-an itu adalah sepenuhnya diambil dari tulisan saya ketika jadi pengangguran yang berjudul 97 Fakta Unik Anak Farmasi. Harusnya senang dong, tulisannya di-share? Ehm, iya senang. Tentu saya senang ketika karya saya jadi bahan untuk mengenang dan ketawa, namun satu hal yang kurang adalah gambar yang berisi tulisan copasan itu nggak mencantumkan sumber tulisannya. Ya, memang, ini era bebas. Copas mengcopas adalah hal yang lumrah di dunia internet cepat buat apa ini. Makanya, saya nggak bisa marah, saya hanya bisa patah hati.

Sebenarnya, nggak ada yang diuntungkan disini. Beda dengan sebenarnya.com, yang jelas-jelas melakukan klaim, siapapun yang membuat tulisan ini sama sekali tidak menginginkan keuntungan. Tidak ada nama, dan tidak ada apapun yang ditampilkan, selain tulisan. Saya yakin si pembuat sepenuhnya hanya ingin tertawa. Tapi, plis, bisakah sekadar menulis sumbernya saja? Tulisan saya di beberapa blog juga ada, beberapa bahkan tanpa backlink, tapi tetap saya iyakan tanpa patah hati karena setidaknya menulis nama saya atau menulis alamat blog tempat tulisan aslinya berada. Sebuah tulisan tidak tiba dari langit, even itu tulisan paling kacau sekalipun. Sebuah tulisan butuh proses, sama halnya dengan lagu, dengan lukisan, atau dengan karya lainnya.

Saya juga nggak hendak mencari tahu siapa yang nge-rePath. Nggak penting juga. Toh, nggak ada pihak yang diuntungkan. Sayapun secara langsung tidak dirugikan. Saya cuma ingin teman-teman semua berada pada posisi ketika karya kita beredar tanpa kita tahu, dan tanpa ada apapun yang mengidentifikasikan bahwa itu adalah karya kita. Coba saja rasakan.

Pro Path

Begitu saja. Posting ini tidak sesuai timeline blog ariesadhar.com ataupun blog oomalfa.blogspot.com karena ini memang semata-mata posting patah hati. HEHEHEHE *tertawa pilu*

Oya, selamat hari farmasis sedunia! Saya bangga jadi apoteker, walaupun sertifikat kompetensi saya sudah habis masa berlakunya.

One thought on “Bukan Plagiat, Tapi…

  1. Pingback: Curcolinggerus | ariesadhar.com

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s