Lagi Mikir

Kemaren, mendadak mikir *biasanya ga mikir*

Dulu di Jogja, ketika tempat tinggal saya sangat dekat dengan gereja Banteng, saya bahkan ke gereja saja jarang. Pada masa itu, saya memahami rasanya jadi Katolik NaPas (Natal Paskah). Hingga pada suatu ketika, saya kemudian menjadi aktif, justru di tempat yang jauh dari gereja Banteng. Tempat itu Kapel Robertu Bellarminus Mrican.

Ada kali 2 tahun saya cukup aktif disana, sampai ketika sebuah statement dari Suster Gracia bikin saya sakit hati. Jadi ceritanya lagi latihan lektor, pas ngetes, eh saya dikomentarin, “begini nih kalo nggak biasa nyanyi..”

*jeger*

Komentar itu kemudian termasuk mengompori saya untuk masuk PSM. Dan kemudian masuk beneran. Nah, sejak itulah, saya mulai jarang aktif lagi di gereja. Padahal, saya sempat sampai pada tataran gawe umat bosan soale nek ora lektor, kolektan, misdinar, atau mentok2nya jualan teks misa. Pasti ada saya di misa Minggu pagi itu.

Sampai bertahun-tahun kemudian saya pindah ke Palembang. Tempat kos pertama saya sangat dekat dengan Seminari. Pernah sekali ikut tugas koor, tapi terus malas karena pekerjaan rasanya kok sudah berat banget. Pada akhirnya ya saya hanya jadi Katolik biasa saja, yang setiap pekan ke gereja. Padahal, kalau mau aktif ya bisa, wong gereja dekat. Bahkan sejak 2010, saya punya sepeda motor. Kalau mau ke Yosef, San Frades, apa Seminari, itu hal mudah. Mana semacet-macetnya Palembang, kalau hanya mau ke San Frades sih nggak akan nemu macet.

Tapi entah ya, niat ada, tapi kok nggak jalan.

Hingga kemudian saya kesasar ke Cikarang. Di tempat yang untuk radius 20 km hanya ada 1 gereja, yang kalau mau dicapai harus menemui jalanan ganas penuh kontainer.

Dan, kok ya aneh, disini saya koor ikut, lektor ikut, balai kesehatan ikut (walau statusnya panggilan). Aneh aja, justru di tempat yang butuh effort lebih hanya untuk sekadar ke gereja, saya malah begini.

Mungkin karena ini faktor pencarian jodoh? Rasanya kok nggak juga. Wong di balkes nggak ada juga yang bisa digebet, di koor apalagi.

Atau faktor apa ya?

Mboh ki. Lagi mikir.

2 thoughts on “Lagi Mikir

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s