Pengalaman Periksa Ginjal Pakai BPJS

Kalau mau diingat lagi kok ya bikin tertawa, tapi pada saat itu saya sakitnya beneran. Kalau mau dilupakan, kok ya ada ceritanya…

Jadi begini, beberapa waktu yang lalu saya mendadak sakit. Ginjal saya nyeri minta ampun. Itu posisi masih di kantor dan saya buru-buru ke klinik 24 jam dekat kantor untuk kemudian diberikan Ketoprofen. Masih sakit. Sakit pakai banget. Akhirnya, sama teman kantor saya dilarikan ke UGD RS Carolus.

Di RS Carolus ujung-ujungnya saya tidak dirawat atau dicek lebih lanjut. BUkan apa-apa, sebagai pi in is, saya agak concern soal biaya. Lha wong saya aja bisa keluar UGD dibayarin Paklek-nya Isto.

Singkat cerita, saya kemudian memutuskan untuk periksa ginjal ini berbekal surat dari UGD. Biar jelas saja. Kebetulan sesudah dicek-cek, bisa kok pakai BPJS.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah minta rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Kebetulan dekat dengan kantor. Jadilah pagi-pagi saya ke klinik dan langsung nodong rujukan. Wkwk. Tentunya tetap diperiksa terlebih dahulu, akan tetapi posisinya saya sudah dapat semacam rujukan juga dari UGD RS Carolus jadi memperkuat rujukan dari Faskes pertama tersebut.

Lewat sistem, saya kemudian diarahkan ke RS yang cukup dekat dan ada spesialis urologinya, yakni ke RS PGI Cikini. Kurang lebih jam 9 saya sudah sampai ke RS PGI Cikini untuk mengantri.

Masalahnya kalau pakai BPJS tentu saja, saya terlalu siang. Haha. Posisinya saat itu saya ngantri beberapa puluh nomor dan ruang tunggunya sangat hectic. Bahkan saya sempat tidak dapat duduk. Ya, kita mah anaknya sabar saja sampai kemudian jam 12 siang kurang sedikit akhirnya tiba giliran saya.

Asalkan dokumennya lengkap, tidak ada masalah. Saya diarahkan ke dokter spesialis, langsung pula diarahkan untuk USG, dan kebetulan karena saya pasien terakhir ditungguin pula sama dokter spesialisnya terkait hasil USG.

Diagnosisnya tidak perlu saya paparkan di blog ini ya, tapi intinya sih ketika saya selesai tidak keluar duit sepeserpun. Pas melihat tagihan padahal ada beberapa juta yang muncul. Yes, semuanya sudah ditanggung oleh BPJS.

2 thoughts on “Pengalaman Periksa Ginjal Pakai BPJS”

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.