Ada Apa Dengan PNS?

Ini posting suka-suka saya ya.. Please jangan ada yang tersinggung apalagi ternungging..

Bapak saya PNS, lebih tepatnya menjadi PNS setelah beberapa tahun jadi guru swasta, dan tetap mengajar di sekolah yang sama (swasta). Jadi bisa dibilang PNS itu hanya status, toh ngajarnya tetap swasta. Oh iya, gaji juga ding.

Nah, memang sih, saya melihat beda signifikan gaji Bapak dan Mamak yang notabene mengajar di yayasan yang sama dengan status berbeda. Satu guru swasta, satunya PNS. Gaji Bapak memang jauh lebih mantap.

Tapi…..

Semantap-mantapnya gaji Bapak selama 34 tahun ternyata sama saja secara nominal dengan gaji saya bekerja selama 3 tahun 4 bulan. So?

Kata Mamak, yang penting masa depan. Nah, saya mikir lagi, apa iya di swasta ini saya nggak punya masa depan? Entahlah..

Lagian kalau mau resign jadi PNS, bayar 50 juta. Kalau resign dari swasta ketika sudah jadi tetap? Nggak bayar. Lah kok enak swasta?

Hmmm, apalagi ketika melihat sendiri SK CPNS seorang teman yang gajinya menurun drastis ketika pindah dari swasta ke negeri. Inikah yang dimaksud masa depan?

Lah saya tambah bingung.

Apalagi ketika dibilang PENSIUN hendak dihapuskan. Matilah saya. Kalau saya masuk sekarang, mungkin di jaman saya pensiun nanti, sesuatu bernama UANG PENSIUN itu sudah dihapuskan.

Tapi kenapa banyak yang berbondong-bondong kesana?

Ada apa sih disana? Kenapa?

Sumpah saya bingung.

Advertisements

3 thoughts on “Ada Apa Dengan PNS?

  1. Nice to read, Song..heuheuheu.

    Mengkritisi dikit ya:
    Denda 50jt itu kalo pengunduran diri dilakukan di 5thn pertamamu. Kalau setelah itu, free on charge.
    Uang pensiun dihapuskan itu hanya isu semata. You know the fuck government lahh. Kalaupun dihapuskan, pasti akan muncul lagi dengan nama yang lain, seperti Peterpan jadi Noah atau empat mata jadi bukan empat mata.

    Kenapa berondong-berondong?
    Yang pertama, pemecatan PNS itu prosedurnya rumit, sampai ke tingkat menteri. Jadiii, sekalipun kamu ketahuan bikin video bokep, kemungkinan besar kamu hanya dimutasi, tidak dipecat.
    Yang kedua, mungkin untuk melihat sesimpul senyum di guratan wajah tua orangtuanya dan orang-orang yang berfikiran seperti orangtuanya (dilema banget kalo yang ini). Senyum di wajah orang yang dekat di hatinya.
    Yang ketiga, untuk yang suka tantangan, PNS merupakan saluran dana yang paling baik sementara kamu mewujudkan mimpimu (it’s true! Do not argue!). Untuk yang ga suka tantangan, PNS merupakan wadah yang tepat untuk kongko2 di jam kerja sembari tetap mendapat penghasilan tetap (and much more true!).

    Like

    • 50 juta iya Pak.. Tp kerja di swasta 5 bulan wae rasane wis meh bunuh diri, ngeluh terus, opo tahan 5 tahun? Haha..
      Berbondong-bondongnya tampaknya benar.. Sumber dana yang baik, sementara mimpi lain terwujud 🙂

      Like

  2. Pingback: Brengsek « Tintusfar’s Weblog

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s