Detail Kecil Yang Terlewatkan

Hayo, apa yang aneh dengan klasemen ini? Tenang, ini bukan klasemen sebuah kejuaraan beneran. Ini hanya klasemen kompetisi PES PS2 yang kemarin aku lakoni. Bukan maksud apa-apa juga sih menampilkan ini, tapi aku punya hal menarik untuk dibagi berdasarkan klasemen ini.

Apa?

Well, aku memegang Nigeria, ada di urutan 2 klasemen, kalah hanya selisih gol dengan Pantai Gading di nomor 1. Lalu dimana pelajarannya?

Hmmm..

Begini, dalam salah satu dari 11 pertandingan PS itu, aku dapat penalti (vs Paraguay). Karena keburu pengen menang (skor waktu dpt penalti adl 2-2), langsung dah asal mencet kanan, dan walhasil tendangannya membentur tiang.

Apa yang salah? Ada dua, pertama, aku tidak mengganti kick taker-nya. Kedua, ternyata aku salah pencet, harusnya kanan bawah, malah terpencet kanan atas. Akhirnya? Ya, coba saja seandainya Martins bisa masukin itu penalti, poinku akan jadi sekian, maka klasemen akan jadi demikian, dst..

Yah, itu nggak perlu dibahas, karena hasilnya adalah demikian.

Dalam hidup, dan dalam mencapai kesuksesan kita, kadang kita terburu-buru ataupun ngasal dalam melakukan sesuatu hal kecil yang merupakan bagian integral dari pencapaian itu. Dan pada akhirnya, kegagalan kita melakukan hal kecil dengan baik berpengaruh signifikan terhadap pencapaian akhir kita. Coba waktu sekolah dulu, datang rajin, bikin PR rajin, tapi ujian pas dengan piala dunia. Hasilnya? Ujian jeblok, nilai pun rendah. Target rangking pun tidak maksimal. Dan banyak hal lain yang demikian, termasuk di kuliah maupun kerja.

Aku belajar banyak dengan kegagalan untuk mencapai nomor 1 ini. Bukan dalam hal main PS-nya. Tapi dalam hal lain yang lebih besar. Yah, percayalah kawan, lakukan sekecil apapun detail dengan baik dan saksama. Jangan sampai hal kecil itu yang akan menjadi ganjalan kita dalam mencapai kesempurnaan pencapaian kita yang seharusnya. Karena kadang kita lebih banyak menyesalinya di kemudian hari. Dan menyesal nyata-nyata bukan solusi untuk apapun.

Semangat untuk next season.. hehe.. 🙂

Advertisements

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s