[Review] NGENEST Ernest Prakasa

Bermula dari upaya menjadi abang yang baik, akhirnya saya mengantarkan si Dani ke Toga Mas. Oh, iya, soal menyoal bagaimana cerita saya di Jogja, itu ada juga ceritanya. Tentang naik apa saya ke Jogja, juga ada kisahnya.

Nah, namanya pecinta buku, kalau masuk ke Toga Mas, sudah pasti tergoda. Godaan pertama tentu saja godaan ngamuk karena buku saya nggak ada di situ. Godaan kedua adalah godaan beli. Godaan beli itu juga jadi penting karena sebenarnya di kos juga masih ada setumpuk buku yang belum kelar dibaca. Ah, jangankan di kos. Di dalam si PG yang saya bawa ke Jogja saja ada dua buku, Past and Curious sama Tulang Rusuk Susu.

Berbekal niat teguh, akhirnya saya sampai ke kasir dengan satu buku persiapan SNMPTN IPS, satu buku persiapan UN 2014 IPS, dan…

…sebuah buku warna kuning. Judulnya NGENEST.

coverdepan

 

Iya. Akhirnya beli buku juga.

Tapi tampaknya itu tanda-tanda alam. Soalnya, ternyata ketika hendak kembali ke realita, saya dihadapkan pada kenyataan harus menunggu. Bis yang katanya akan berangkat jam 3, ternyata berangkat jam 6. Kalau untuk baca 2 buku yang saya bawa sedari mula, rasanya nggak akan kelar dalam 3 jam. Ya udah, jadinya saya baca buku Koh Ernest saja, sambil nunggu bis yang warnanya juga kuning itu muncul di terbenamnya senja terminal Jombor.

Well, buku ini ternyata habis selesai dalam waktu sangat singkat. Dua jam kurang. Itu juga sudah disambi lirik-lirik cari gadis-gadis manis Jogja yang seliweran di Jombor. Siapa tahu ada, gitu. Artinya, buku ini ringan sekali. Selain ringan, ya memang tipis sih. Jujur nih, kalau dari harga kok berasa mahal ya. Untung saya belinya di Toga Mas yang notabene diskon. Nggak rugi-rugi amat. Eh, lah ini kok jadi saya yang kayak Cina?

Yup, Cina. Perkara etnis ini justru jadi poin yang selalu dibawa oleh Koh Ernest sejak kemunculannya di dunia Stand Up Comedy. Bahkan di bab-bab awal buku NGENEST, yang diangkat ya soal Cina. Jadi ingat jaman SMA, ketika saya bisa seenaknya bilang, “Woy, Cino!” ke teman yang sipit, dan mereka tidak marah tapi malah bales, “Woy, Jowo!”. Hanya ada di De Britto.

Sebagai penulis yang aslinya adalah seorang Comic, bab-bab di buku ini jelas banget menggunakan prinsip di Stand Up Comedy. Punchline-Punchline-nya jelas mengena. Sebagai penulis yang ngakunya penulis komedi, saya harus belajar banyak dari buku NGENEST ini.

Cuma nih, buat saya, ada beberapa bab dari 23 yang termaktub di buku ini, semacam agak dipaksakan. Kenapa? Soalnya terlalu singkat bro! Hubungan yang singkat saja nggak enak, apalagi bab. Buat saya, bab-bab yang cuma 1-2 halaman itu sebenarnya masih bisa dibangun lagi. Lumayan nambah-nambah halaman. Soalnya, teknik nambah-nambah halaman diterapkan dengan baik (dan banyak) di buku ini. Untung ilustrasinya keren.

Perihal typo nan merajalela juga jadi concern disini. Namanya typo adalah bagian dari ketidaksempurnaan penulis, editor, dan proofreader. Tapi tetap saja bikin dahi berkerut. Ya, meskipun di buku sendiri juga terjadi typo, tapi kan disini saya berperan jadi pembaca. *ngeles*

Sama satu lagi, mungkin buat buku ketiga, Koh Ernest bisa memfokuskan topik. Mungkin seru kalau di sebuah buku, Koh Ernest menceritakan pengalaman-pengalaman soal ke-Cina-annya saja. Saya yakin banyak, dan saya yakin bakal keren. Karena di NGENEST ini, saya merasa kurang puas. Eh, tahu-tahu sudah masuk di topik kondom.

Begitu saja. Btw, terima kasih pembelajaran komedinya. *catet*

Advertisements

4 thoughts on “[Review] NGENEST Ernest Prakasa

  1. Pingback: [Review] Comic 8 | ariesadhar.com

  2. Pingback: 11 Perbandingan Populasi Islandia Dengan Angka-Angka di Indonesia | ariesadhar.com

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s