Biji Apel yang Termakan Bisa Sebabkan Kematian, Ini Penyebabnya

seperti dikutip dari Kumparan, apel, salah satu buah populer baik di Indonesia ataupun di dunia dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin, mineral dan mengandung air yang cukup banyak sehingga menjadikan apel sebagai buah tropis yang baik untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh.

Meskipun menyehatkan, rupanya terselip bahaya yang mengintai pada buah apel. Apel dapat membuat seseorang keracunan, bahkan hingga menyebabkan kematian. Semua hal itu terdapat pada biji apel.

Sumber: CalorieBee

Biji apel mengandung amygdalin, yakni sebuah senyawa yang melepaskan sianida ketika terkontaminasi dengan enzim manusia. Amygdalin diketahui mengandung sianida dan gula yang jika tertelan oleh tubuh akan diubah menjadi hidrogen sianida atau HCN. Sianida ini bisa membuat seseorang kesakitan dan bahkan bisa membunuh.
Lalu, bagaimana sianida bisa berakibat fatal pada tubuh?

Sianida terkenal sebagai salah satu racun paling mematikan. Bekerja dengan menghambat oksigen dalam tubuh, sianida ternyata ditemukan di beberapa buah tropis seperti aprikot, ceri, pulm, peach dan buah apel sebagai buah yang paling sering dikonsumsi.

Biji apel dilapisi oleh lapisan pelindung yang kuat sehingga orang yang tak sengaja memakan biji apel tidak akan langsung meninggal seketika. Sianida yang ada pada biji apel baru akan menimbulkan efek fatal jika termakan lebih dari 200 biji apel atau sekitar secangkir gelas.

Apabila sianida dikonsumsi dalam jumlah yang lebih sedikit, maka akan menimbulkan gejala kejang-kejang, sesak nafas, gemetar, denyut jantung meningkat, tekanan darah rendah dan dari semua gejala ini maka akan menyebabkan hilangnya kesadaran.

Jumlah pasti sianida yang akan berakibat buruk pada tubuh disesuaikan dengan berat badan seseorang. Umumnya sianida akan bereaksi jika termakan sebanyak 0,5 sampai 3,5 mg di dalam tubuh. Sedangkan 1 gram biji apel menandung sekitar 0,06 sampai 0,24 mg sianida.

Meskipun tak langsung menimbulkan efek yang berbahaya, namun sebaiknya untuk membuang biji apel terlebih dahulu sebelum memakannya.

Sumber: kumparan.com

Advertisements

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s