6 Tips Merawat Sepatu Airwalk Berbahan Kanvas

Bagi Anda yang suka bergaya santai dan kasual, sepatu berbahan kanvas pasti hadir melengkapi penampilan sehari-hari. Pasalnya, sepatu ini selain memberi kesan santai, juga memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak mudah berbau.

Sepatu kanvas memiliki bahan yang terbuat dari serat yang menjadikan ia ringan namun juga kuat. Sejak tahun 70-an, sepatu kanvas menjadi pilihan populer para anak muda. Nah, hingga tahun 2000-an, sepatu kanvas ini kian diminati dengan beragam warna, motif, dan desain yang beragam.

sumber: gamegrin.com

Salah satu merk sepatu kanvas yang digemari oleh anak muda ialah Airwalk. Sepatu ini mulai meluncurkan produknya pada tahun 1986. Saat itu, Airwalk memopulerkan sepatunya untuk para pemain skateboard dan komunitas olahraga sejenisnya. Maka, Airwalk kini dikenal sebagai sepatunya para skaters.

Sepatu Airwalk memiliki banyak sekali jenis dan desain. Mulai dari sneaker klasik, moccasin, sandal, slip on, hingga boots. Semua terbuat dari berbagai bahan, seperti suede, kanvas, hingga bulu. Salah satu produk yang menjadi favorit para penggemar Airwalk adalah sneaker yang terbuat dari bahan kanvas.

Saat ini Airwalk sudah mudah didapatkan karena telah tersedia di toko-toko sport maupun toko online. Salah satu toko online yang menjual produk Airwalk adalah MatahariMall.com. Dibanding dengan jenis yang tersedia di toko sport, jenis Airwalk yang ada di MatahariMall lebih lengkap dengan semua ukuran dan semua varian warna. Kamu bisa langsung pilih yang mana sepatu yang kamu suka.

Sneaker kanvas dari Airwalk memiliki macam-macam warna dan model. Mulai dari warna aman seperti hitam, hingga warna “bersih” seperti putih. Sneaker berwarna putih memang memberi penampilan yang bersih dan rapi. Namun warna putih ini juga mudah sekali kotor, baik itu terkena lumpur atau debu sekalipun. Maka perawatannya pun juga cukup ekstra.

Namun tenang saja. Perawatan sepatu kanvas Airwalk tidak sesulit sepatu yang berbahan suede, kok. Apapun warnanya, sepatu kanvas Airwalk yang dirawat dengan benar akan terlihat seperti baru. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Cuci secara berkala

Meskipun tidak terlihat kotor terkena lumpur, sepatu berbahan kanvas juga perlu dicuci agar tidak berbau. Tapi juga jangan terlalu sering dicuci agar warnanya tidak pudar. Cuci sepatu kanvas Anda paling tidak sebulan sekali.

Cuci dengan sikat halus

Agar warna dan gambar motifnya tetap bagus, gunakan sikat halus seperti sikat gigi. Sikatlah sepatu Anda dengan air hangat yang telah diberi deterjen atau sabun cuci piring. Setelah dibilas, jangan langsung dijemur di bawah sinar matahari. Gantung dan angin-anginkan saja supaya kering dengan sendirinya.

 Air hangat untuk sepatu yang lebih bersih

Penggunaan air hangat memudahkan Anda untuk melepaskan noda dan kotoran yang menempel pada sepatu. Jangan gunakan air yang terlalu panas agar tidak merusak warna dan lem pada sepatu kanvas.

Gunakan pemutih jika perlu

Untuk sepatu kanvas berwarna putih, disarankan juga menggunakan pemutih pakaian. Kadang setelah dicuci dengan deterjen atau sabun cuci piring, sepatu masih terlihat kusam dan dekil, padahal nodanya sudah hilang. Untuk mengembalikan warna sepatu menjadi putih bersih, gunakanlah pemutih. Campur pemutih dengan air hangat, lalu sikat ke sepatu kanvas menggunakan sikat gigi.

Biarkan lumpur mengering pada sepatu

Tak jarang sepatu terkena noda lumpur yang banyak dan tebal. Untuk menghilangkannya, biarkanlah noda tersebut kering. Setelah itu, tepuk-tepuk alasnya untuk melepaskan noda tersebut. Jika masih ada yang menempel, korek sisa lumpurnya. Kemudian, cucilah dengan sikat gigi dan air hangat bersabun.

Sebaiknya hindari mencuci dengan mesin cuci

Beberapa orang ada yang menyarankan mencuci sepatu kanvas menggunakan mesin cuci karena lebih praktis. Nah, sebaiknya saran tersebut dihindari. Mengapa? Karena dikhawatirkan lem pada sepatu kanvas akan mudah lepas karena perputaran otomatis pada mesin cuci. Jadi sebaiknya, cucilah secara manual agar hasilnya lebih maksimal.

Advertisements

One thought on “6 Tips Merawat Sepatu Airwalk Berbahan Kanvas

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s