Hal-Hal Yang Mungkin Kamu Tidak Tahu Tentang Kabinet Indonesia Maju

Data-data ini sebenarnya sudah saya kumpulkan sejak jam pertama Kabinet Indonesia Maju diumumkan. Sayang sekali, saya kepentok satu nama. Pada hari pengumuman itu, saya sama sekali tidak mendapati informasi perihal tangal lahir Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Google dengan keyword apapun.

Jadi kemudian datanya saya diamkan saja. Heuheu.

Kemarin saya buka lagi ketika ada pengumuman dari Gugus Tugas bahwa orang-orang yang berusia 45 tahun bakal diizinkan beraktivitas lagi. Ya, tanpa peduli bahwa di bawah umur 45 tahun tapi di rumah boleh jadi ada suami atau orangtua atau bahkan kakek nenek yang berusia jauh lebih tua yang bisa jadi berpotensi ketularan COVID-19.

Berangkat dari fakta itu, sama kemudian googling lagi tanggal lahir Mendag dan ketemu. Jadilah saya bisa mengolah datanya. Asik. Jadi, berikut beberapa hal yang mungkin kamu tidak tahu tentang anggota Kabinet Indonesia Maju, khusus dari faktor usia dan tanggal lahir.

Tidak Ada yang Ulang Tahun Barengan

Ini serius. Dari 38 nama penting itu semuanya memiliki tanggal lahir yang berbeda-beda. Ya 38 nama dari 365 hari, gitu lho. Wajar sekali. Tapi yang unik bahkan yang ulang tahunnya dekat-dekatan juga tidak banyak. Paling hanya Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah (16 Juli 1969) dengan Jaksa Agung ST. Burhanudin (17 Juli 1954) atau Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya 28 Juli 1956 dengan Menko PMK Muhadjir Effendy 29 Juli 2020. Sama satu lagi Agus Suparmanto 23 Desesember 1965 dengan Edhy Prabowo 24 Desember 1972.

Kebijakan Kontroversial Menteri Edhy Prabowo Halaman 1 ...
Sumber: Kompasiana

Rentang 30-an Sampai 70-an

Kabinet berisi orang-orang dari usia 30-an sampai 70-an. Adapun yang umurnya 30 sampai 40 tahun hanya satu, Nadiem Makarim. Sedangkan yang 40 sampai 50 tahun ada 5. Ini saya masih memasukkan Erick Thohir yang akhir Mei nanti HUT ke-50. Jadi sudah naik ke rentang 50-60 tahun. Posisi sekarang 15 orang ada di rentang 50-60 tahun dan 15 lagi antara 60 sampai 70 tahun.

Izinkan TKA China masuk, Luhut singgung pendidikan orang daerah ...
Sumber: hops.id

Rata-Rata Usia 58,5 Tahun

Per 13 Mei 2020, rata-rata usia komponen kabinet adalah 58,5 tahun. Itu kalau golongan bukan Fungsional Madya dan bukan Eselon II ke atas sudah pensiun.

Hanya Ada Satu yang Lahir Hari Kamis

Secara menakjubkan dari 7 hari dalam seminggu, anggota kabinet tersebar merata. Ada 8 menteri/pejabat setara yang lahir di hari Minggu dan Rabu, sebagaimana ada 7 yang lahir di hari Sabtu. Dan secara menakjubkan orang itu adalah menteri yang ketiadaan tanggal lahirnya di Google sempat membuat saya menunda bikin statistik ini. Ya, Mendag Agus Suparmanto.

Politikus PKB Agus Suparmanto Dipanggil ke Istana, Jadi Mendag ...
Sumber: Tirto

Ada 4 yang Lahir di Bulan Ramadhan

Saya menggunakan rumus, bukan tabel, jadi beberapa saya crosscheck tanggalnya agak selisih 1 ke depan atau belakang. Tapi bulannya sih nggakk berubah. Intinya sih ada nama Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, kemudian Menteri Agama, Fachrul Razi yang lahir di bulan Ramadhan. Sisanya ada 2 lagi nggak merayakan tapi kayak anak saya, lahirnya juga di bulan nan suci, yaitu Yasonna Laoly dan I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Setelah Orde Baru, Fahrul Razi Pensiunan Jenderal Pertama Jabat ...
Sumber: Merdeka.com

Hanya Ada Satu Orang Berzodiak Aquarius

Dari 38 nama, ada 6 berzodiak Cancer serta masing-masing 5 Leo dan Libra serta 4 Gemini dan Sagitarius. Nah, hanya ada 1 orang Aquarius yang tidak punya teman. Orang itu adalah Mensesneg, Pratikno.

Menteri Pratikno Paparkan Program Prioritasnya - Aktual.Com ...
Sumber: Aktual.co

Agama Tertua, Pendidikan Termuda

Betapa pentingnya agama dan pendidikan di Indonesia tergambar di sosok menterinya. Menteri Agama, Fachrul Razi yang lahir 26 Juli 1947 menjadi yang tertua sementara Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan KEbudayaan lahir pada 4 Juli 1984 dan menjadi satu-satunya milenial di dalam kabinet.

Paling Banyak Lahir 1962

Dari 38 nama, ada 6 orang yang lahir pada 1962 sekaligus menjadi tahun terbanyak. Orang-orang itu adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Pratikno (lagi), Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Ada 3 Agus Tapi Hanya 1 Yang Beneran Lahir Bulan Agustus

Yak, ada nama Agus Gumiwang Kartasasmita, tapi lahir 3 Januari 1969. Ada nama (lagi-lagi) Agus Suparmanto, lahir Desember. Satu-satunya Agus yang lahir pada bulan Agustus, tepatnya 5 Agustus 1964 adalah menteri yang tentu kita sama-sama rindukan pernyataannya yang (((menenangkan hati))): dokter Terawan Agus Putranto~

Kala Terawan Gagal Menenangkan Masyarakat soal COVID-19 - Tirto.ID
Sumber: Tirto