Sebenarnya, Itu Tulisan Saya!

Adalah kebiasaan bagi saya untuk mencari perkembangan share tulisan saya via Twitter. Maka, saya cukup rajin mengetik 97 fakta unik atau 77 fakta unik. Dua keyword itu merujuk ke dua tulisan saya yang termasuk dalam kategori best pageview di ariesadhar.com ini. Tapi sore ini saya justru terkejut ketika yang muncul justru link milik sebenarnya.com ini.

http://www.sebenarnya.com/2014/04/77-fakta-unik-mahasiswa-usd-yogyakarta.html

Sengaja saya printscreen juga, karena basic saya auditor. Saya butuh bukti yang bisa disimpan.

SEB1

Kelihatan banget di bagian awal website sebenarnya.com itu, dan ketika diklik tentu saja yang muncul adalah:

SEB2

Pakai tertulis ‘hak cipta dilindungi oleh’. Wew, ini si pembuat website tahu definisi hak cipta nggak ya? Soalnya, sudah jelas dan saya bisa pastikan bahwa 77 Fakta Unik ini adalah murni tulisan saya, benar-benar hasil tarian jemari saya.

SEB5

Saya menulisnya tanggal 12 Maret, siang hari, di kos-kosan Kedasih, karena waktu itu saya pengangguran. Dan memang tulisan itu segera menjadi tulisan paling populer di blog ini, sehingga bisa mencapai 5000 pageview lebih dalam hari kemunculannya. Banyak yang komen, banyak yang nge-share dan banyak yang memberikan feedback bagus dan sudah saya kumpulkan untuk di-launch lagi pada saat yang tepat.

Lalu maksud si pemilik sebenarnya.com ini apa ya? Mencari apa dengan memosting tulisan saya hanya dengan mengganti judul ‘Sanata Dharma’ menjadi ‘USD’? Ah, mungkin buat indeks Google, dan notabene dia berhasil.

SEB4

Sejujurnya, ini pertama kalinya saya mengetahui tulisan saya dicopas mentah-mentah begini. Tentu saja, blogger lain banyak yang sudah dan mungkin sering mengalami ini. Rasanya sungguh semacam putus cinta, kecewa, sedih, gundah, dan sejenisnya. Kenapa? Karena saya benar-benar menggarap seluruh tulisan di blog ini tanpa copas. Mungkin memang ada tulisan yang mengambil referensi lain, tapi pasti saya kasih link, atau memang ada satu yang saya lupa link-nya karena itu saya ketik dari kertas. Tapi itupun saya tuliskan dengan jelas bahwa itu bukan tulisan saya.

Menjadi sangat gila ketika di bagian akhir, makhluk abstrak pemilik website ini kemudian mencantumkan begini:

SEB3

Dia menggunakan COPYSCAPE untuk sebuah tulisan yang copy paste. Plus, dia menulis artikel original hanya di link itu. HAHAHAHA. Entahlah si author yang tertulis bernama Donny ini benar-benar paham soal hak cipta atau setidak-tidaknya penghargaan intelektual pada karya orang lain atau tidak. Apalagi dia hanya menulis ‘facebook’ sebagai sumbernya. Even kita tahu bersama kalau di Facebook itu sudah pasti ada link aslinya.

Saya dulu pernah ingin copas, tapi apa daya tangan saya nggak bisa mengikuti kehendak otak untuk copas. Dia semacam pengen berhenti dan nyatanya kalau memang saya copas, ya saya copas idenya. Bahwa posting 77 Fakta Unik ini memang idenya menginduk pada 100 Fakta Unik tentang ITB, plus gaya Roy Saputra dalam ‘hal yang tidak boleh dilakukan’. Content? Saya bisa pastikan itu asli.

Iya, mungkin saya terlalu membesar-besarkan masalah copas ini, karena ini adalah kasus pertama saya. Tapi bukankah orang yang setia pada perkara kecil, baru layak dipercaya untuk perkara besar? Bagaimana jadinya negeri ini jika blogger copas dibiarkan? Ini memang perkara kecil, sebuah tulisan dengan total pageview belum sampai 10 ribu, tapi ini adalah tendensi negatif bagi berkembangnya karya di negeri ini.

Hmmm, Mas Donny atau siapapun yang ada di balik sebenarnya.com, kalau pengen tulisan itu tetap tayang, ya monggo, tapi kasih link ke sumber asli, tanpa mengklaim itu menjadi milik situ. Atau kalau justru ribet, ya silakan dihapus. Semoga hidupnya nyaman dengan copy paste ya.

STOP PLAGIARISME!

30 thoughts on “Sebenarnya, Itu Tulisan Saya!”

  1. Sabar mas, orang plagiat emang gitu, dulu saya juga pernah tulisan original saya diplagiat langsung saya kontak orangnya eh besoknya malah dihapus padahal saya nggak menyuruh menghapus dan maksudnya tolong dikasih sumber nya saja.

    Like

  2. Sabar om…
    Resiko jadi blogger…
    Pernah artikel ane dikopas orang lain juga :/

    §ε♏ɑNƍɑŧ ((y) ‾^‾)(y) ommm…
    Viva blogger usd

    Like

  3. Ciri” orang sukses dianiaya dalam berkarya ya seperti itu. Rasanya gak afdol kalo gak dicopas. HAHA 😀
    *hancurkan mas orangnya hancurkan*

    Like

  4. Sabar ya pak… 🙂
    Semoga segera disadarkan oleh Tuhan. Saya adalah orang yang sering mengalami tulisan dicopas, jadi saya tahu bagaimana perasaan anda. 🙂
    Btw, salam kenal… 🙂

    Like

    1. Hehehe.. Iya Om.. Ini katanya ada temen yg pernah baca beberapa tulisan saya tanpa nama, tp kok dicari nggak nemu. Anggap saja ini insiden.. hehehe.. Salam kenal kembali.. 😀

      Like

  5. Sebagai orang yang sudah pernah beberapa kali diplagiat postingnya, saya tahu bagaimana perasaan anda. Sayangnya laporan DMCA ke hosting biasanya susah diproses. Beda kalo blogspot atau wordpress.com. Apalagi kalo hostingnya Indonesia. 😀
    Mungkin didoakan saja, semoga segera disadarkan oleh Tuhan, dengan jalan halus maupun kasar. 😀

    Like

    1. Banyak yang sudah comment, tapi nggak ada satupun yang diapprove di tulisan itu.. Hehehe.. Mikir aja sih, kalo sampai tulisan begitu dicopas, jangan2 yang ngopas anak Sadhar juga.. hehehe..

      Like

      1. saya mohon maaf karena tidak mencantumkan link sumber artikel yang bersangkutan, untuk itu artikel tersebut sudah sy hapus dari blog. terima kasih.

        Like

  6. Wah, ini satu artikel yang sudah terkuak… hmm,,apakah artikel lainnya original?
    🙂

    tetep semangat nulis mas, kalau di copas, anggep aja mereka mengagumi tulisan mas. Cuma caranya aja yang salah
    😀

    Like

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.