Distraksi

Apa itu distraksi? Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, kata ini tidak ditemukan. Jadi ini sebenarnya bukan Bahasa Indonesia?

Hmmmm…. Menurut Collins English Dictionary, distraksi memiliki 4 makna yakni:

(1) tindakan mengganggu dan turunannya atau keadaan menjadi terganggu,
(2) sesuatu yang berfungsi sebagai pengalihan atau hiburan,
(3) interupsi, suatu hambatan berkonsentrasi, dan
(4) gejolak jiwa atau kegilaan.

Kata ini sejatinya berasal dari kata dasar distract yang bermakna gila. Mulai dikenal sejak pertengahan abad 14 dan berasal dari kata distrahere yang berarti gambaran dalam kondisi yang berbeda. Pengertian tentang distraksi sebagai keadaan pikiran manusia yang paralel dengan definisi di awal tadi baru muncul sekitar tahun 1580-an.

Sumber lain menyebut distract sebagai keadaan yang membuat seseorang berhenti memberikan atensi pada sesuatu. Ada banyak sinonim untuk distract ini, yakni: discompose, amuse, lead away, unhinge, trouble, engross, abstract, perplex, upset, embarrass, confuse, entertain, harass, confound, mix up, beguile, throw off, frenzy, lead astray, turn aside, flurry, madden, occupy, divert, unbalance, derange, sidetrack, detract, rattle, catch flies, addle, call away, mislead, disturb, throw, disconcert, craze, daze, unnerve, agitate, puzzle, fluster, torment, draw away, befuddle, cloud, bewilder, stall.

Distraksi sebagai bagian dari ilmu sekarang banyak digunakan di bidang hipnotis. Menurut DiPiro (2005), distraksi adalah salah satu cara menghilangkan nyeri. Definisi distraksi disini adalah memusatkan perhatian menjauhi situasi yang tidak diinginkan dengan tujuan mengalihkan perhatian untuk mengurangi rasa tidak nyaman terhadap suatu objek. Terutama dilakukan pada pasien yang mengalami kecemasan atau gangguan rasa nyaman. Distraksi juga digunakan oleh para pesulap untuk mengalihkan perhatian penonton.

Jadi sebenarnya, distraksi tidak sekadar bermakna kegilaan 🙂

Sumber:
http://www.thefreedictionary.com
http://www.etymonline.com
http://www.realdictionary.com
http://www.nursinginformatic.wordpress.com

4 thoughts on “Distraksi”

Tinggalkan komentar supaya blog ini tambah kece!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.